Buddha dan Hindu


India adalah negara yang berada di Asia Selatan dan merupakan tempat lahirnya agama Buddha dan Hindu. Seperti yang diketahui bersama sebenarnya Agama Hindu dan Budha adalah dua agama besar dan muncul hampir bersamaan pada abad ke – 6 SM. Dan pertama kali kedua agama ini muncul di India. Jika dilihat dari banyak aspek, sebenarnya ada beberapa perbedaan antara agama Hindu dan Budha. Beberapa perbedaannya bisa dilihat dari bentuk pengakuannya, asal usulnya, keyakinan akan dewa, kepercayaannya pada reinkarmasi, sistem kasta dan juga proses dalam pelaksanaan kurbannya yang juga cukup berbeda.
BUDDHA
HINDU
Kasta
Tidak ada
Dalam ajaran agama hindu setidaknya ada 5 kasta pembeda
Tradisi Lokal bersama dengan lingkungan
Budaya lokal juga bisa menyatu dengan sangat baik bersama dengan ajaran yang di bawa dari Budha.
Masuknya Hindu dalam satu negara sebenarnya tidak mempengaruhinya, justu bisa menyatu dengan baik.
Istilah dan bahasa dalam kitab yang digunakan
Untuk budha kita yang menjadi panutannya adalah kitab Tripitaka, yang mana terdiri dari Sutta Pitaka, Vinaya Pitaka dan Abhidharma Pitaka
Untuk Hindu beberapa kitab yang dikenal sebagai panutannya adalah Reg Veda, Yajur Veda, Sama Veda dan Atharva Veda
Keyakinan mereka mengenai kehidupan yang lebih baik
Untuk Budha, dalam mencapai kesempurnaan mereka tidak bisa melakukannya tanpa ada bantuan dari kaum Brahmana atau pada pendeta yang mereka percayai
Mumuja para dewa adalah satu hal yang dipercaya mereka. Karena mereka menggap Dewa memiliki kuasa dalam segi apapun dalam mengatur hidupan semua makhluk hidup di dunia ini.

Penggunaan Kasta
Perbedaan Buddha dan Hindu yang paling utama adalah dalam hal menggunakan kasta.
Dalam agama Buddha tidak ada kasta atau non kasta. Dimana dalam Agama Budha bisa menerima siapapun apapun golongannya. Mereka tidak mengenal sama sekali pembagian golongan kasta dalam lingkup masyarakat.
Sedangkan dalam agama Hindu setidaknya ada lima kasta yang menjadi tingkatnnya.

Diantaranya adalah Brahmana yang ditujukan untuk Pandita / pedanda, Kstaria untuk para bangsawan dan raja, Waisya untuk para perternak, pedagang dan petani, Sudra untuk kaum pelayan dan paria untuk kaum pengemis dan juga gelandangan.

Tradisi Lokal
Dengan masuknya buddha dan hindu sebenarnya tidak membuat tradisi para leluhur dari masyarakat hancur. Salah satu contoh di Indonesia seperti Bali dan Jawa, dengan masukkan agama hindu bisa membuat mereka bersatu dengan baik dan sempurna tanpa mengubah ketentuan dari pada leluhur yang ada di masyarakat lokal itu sendiri. Sedangkan untuk contoh Budha adalah dari Tibet, dimana masukkanya budha sebenarnya tidak membuat hancur atau meruntuhkan agama asli dari tempat tersebut, tapi justru kedua agama ini bisa menyatu dengan sempurna.

Penggunaan Istilah
Dalam agama buddha juga dikenal istilah kemelekatan yang artinya keinginan, sedangkan dalam agama hindu dikenal sebuah istilah ahamkara yang artinya ego. Sebenarnya artinya hampir sama. Dalam kitabnya buddha menggunakan bahasa prakrit yang merupakan bahasa rakyat. Sedangkan dalam agama hindu dalam kitabnya menggunakan bahasa sansekerta yang memang sudah dikenal sangat lama sebagai bahasa paling tua didunia.

Kitab Suci
Untuk agama Buddha dikenal dengan nama kitab Tripitaka. Kitab ini sendiri sebenarnya terbagi dengan nama Sutta Pitaka, Vinaya Pitaka dan Abhidharma Pitaka.
Sedangkan dalam agama Hindu terdapat beberapa kitab yang cukup dikenal. Beberapa diantaranya adalah Reg Veda, Yajur Veda, Sama Veda dan Atharva Veda. Semua kitab ini biasanya menjadi pedoman untuk umat hindu dalam menjalani kehidupannya.

Keyakinan
Untuk agama Buddha dalam hal untuk mencapai kesempurnaan dengan melalui bantuan dari kaum Brahmana atau kaum para pendeta. Tidak berhenti disana saja, Perbedaan Hindu dan Buddha ini juga bisa lihat dari aliran yang mereka ambil. Untuk buddha dibagi atas dua aliran diantaranya adalah aliran mahaya dan aliran Hinayana. Nah hal inilah yang menjadi Perbedaan Hindu dan Buddha.

Sedangkan untuk agama Hindu biasanya lebih memuja para dewa yang mereka sangat percaya dan memiliki kekuasaan dalam hal tertentu dalam mengatur semua makhluk hidup dimuka bumi ini. Hindu sering kali disebut sebagai salah satu agama politeisme yang memuja banyak dewa. Tapi tidak semuanya benar, karena dalam agama hindu sebenarnya dewa bukan Tuhan. Menurut umat hindu sendiri, Tuhan Maha Esa hanya satu.

Selain kelima Perbedaan Bddha dan Hindu ini ada juga persamaan agama dalam sejarah berkembang diawal, penyebaran, ajaran dan pengaruhnya di lingkungan masyarakat juga hampir sama. Kedua agama ini sama mengajarkan kebenaran serta berusaha untuk membimbing umatnya untuk hidup sesuai dengan pedoman yang sesuai dengan pedomannya. Selain untuk penyebarannya, walaupun kedua agama ini berasal dari India tapi kedua agama lebih cenderung menyebar ke Asia Timur dan juga Asia Tenggara.

11 Responses to "Buddha dan Hindu"

  1. Ternyata agama Budha dan Hindu itu berbeda. Dan keyakinannya juga berbeda

    ReplyDelete
  2. Saya baru tau jika buddha dan hindu itu sangat berbeda dan mempunyai pembeda masing masing

    ReplyDelete
  3. Ternyata perbedaan nya sangat jauh, tapi tidak mengurangi rasa toleransi saya untuk menghormati agama tersebut

    ReplyDelete
  4. Ternyata Buddha dan Hindu berbeda saya baru tau ini

    ReplyDelete
  5. Sangat jauh berbeda antara budha dan hindu.

    ReplyDelete
  6. Anbiya Nabila Yuda7 June 2020 at 02:27

    Setelah adanya artikel diatas, saya baru mengetahui perbedaan antara Budha dan Hindu

    ReplyDelete
  7. Erika Puji Lestari7 June 2020 at 09:20

    Budha dan Hindu sangat berbeda dan saya pun baru tahu ini

    ReplyDelete
  8. Ternyata Budha dan Hindu berbeda,tetapi meskipun berbeda tetapi harus tetap saling menghargai

    ReplyDelete
  9. Ternyata Budha dan Hindu berbeda sayapun baru mengetahuinya

    ReplyDelete
  10. Ternyata perbedaan Budha dan hindu sangat jauh

    ReplyDelete
  11. Saya baru mengetahuinya ternyata Budha dan Hindu berbeda

    ReplyDelete