Afrika Bangun Parabola Raksasa Pemburu Alien

Teleskop SKA untuk memindai langit dan berburu sinyal dari luar angkasa. Foto: Futurism

Jakarta - Ribuan engineer bekerja keras membangun jaringan teleskop radio raksasa antar pemerintah yang disebut Square Kilometer Array (SKA). Jaringan ini begitu besarnya dan bertujuan untuk mendeteksi sinyal di luar angkasa.

Afrika Selatan, jadi negara terbaru yang ikut membangun jaringan ini. Konstruksi awal teleskop radio raksasa berupa sejumlah antena parabola selebar 15 meter telah dibangun di Afrika Selatan. Total akan ada 3.000 titik dibangun di seluruh benua Afrika.

Adapun situs utamanya dibangun di dasar laut kuno di Karoo, Afrika Selatan, dan terdiri dari 66 panel segitiga reflektif. Proyek besar ini diprediksi akan merampungkan 113 konstruksi parabola perdananya pada 2027.

Jika rampung, teleskop ini nantinya akan bisa digunakan untuk memindai langit dalam pencarian sinyal radio, termasuk tanda-tanda kehidupan alien di luar sana yang berjarak miliaran tahun cahaya.

Seperti dikutip dari Futurism, ide dari teleskop radio ini adalah mensimulasikan ribuan jaringan 'antena' yang lebih kecil. Jaringan ini nantinya akan menjangkau delapan negara Afrika dan juga akan bergabung dengan satu juta antena yang lebih kecil yang direncanakan akan ada di Australia.

Gagasan berburu sinyal untuk menemukan kehidupan di luar Bumi sudah dimulai sejak awal 1990-an. Pada 2011, 13 negara memutuskan untuk mendanai pencarian sinyal alien lewat proyek SKA ini dan bersepakat untuk saling membagikan datanya.

Kemungkinan bahwa ada kehidupan lain di luar Bumi memang tak dipungkiri. Pencarian pun terus dilakukan dan digali, termasuk berupaya mendeteksi sinyal yang bersumber dari kehidupan di luar sana.

Sebelumnya, pada September lalu, Aperture Spherical Radio Telescope, teleskop terbesar milik China, mendeteksi ada lebih dari 100 sinyal radio yang bersumber dari jarak sekitar tiga miliar tahun cahaya jauhnya.

Denyut misterius tersebut berasal dari sumber energi tinggi di suatu tempat di alam semesta. Para peneliti di fasilitas tersebut memantaunya, dengan harapan mendapatkan analisis lebih lanjut tentang apa yang mungkin terjadi.

Buat kalian yang terlanjur semangat karena menduga ini adalah sinyal dari alien di luar sana, sayangnya hasil penelitian menyebutkan sinyal tersebut bukan bentuk komunikasi dari alien, tetapi tercipta karena semacam fenomena di ruang angkasa.

86 Responses to "Afrika Bangun Parabola Raksasa Pemburu Alien"

  1. Masih menjadi misteri apakah alien iti benar-benar ada?,atau itu hanya opini saja

    ReplyDelete
  2. Menjadi pertanyaan masyarakat luar, jika membuat parabola besar untuk menangkap alien, apakah alien benar benar ada?

    ReplyDelete
  3. Saya kurang mengetahuinya bahwa alien itu ada?

    ReplyDelete
  4. Apakah alien itu benar ada atau tidak kita tidak tau jadi kita serahkan semua ini kepada Allah sang pencipta karena hanya Allah yang tau apa yang ada di alam semesta ini

    ReplyDelete
  5. Saya tidak tahu apakah alien benar ada? Tetapi penelitian bagus juga membuat alat tersebut untuk mengetahui fenomena di ruang angkasa

    ReplyDelete
  6. Saya belum pernah liat tentang hal Alien Alien itu, tetapi kita harus meyakini saja mungkin tentang Alien ini ada entah opini belaka

    ReplyDelete
  7. Saya kira alien itu hanya dongeng saja tetapi dengan adanya penelitian semoga bisa menjawab opini manusia bahwa alien itu memang ada atau hanya dongeng semata

    ReplyDelete
  8. Terbuat banget sampe bikin parabola raksasa. Memang rasa ingin tahu manusia itu tidak pernah ada habisnya.

    ReplyDelete
  9. Saya kira alien alien seperti itu tuh hanya opini saja ternyata setelah membaca artikel ini dan adanya penelitian tentang parabola raksasa memang benar ada yaa ?? Canggih banget sampai niat membuat parabola raksasa ini.

    ReplyDelete
  10. FAJRI DWI PUTRA14 April 2020 at 16:30

    Sampai sekarang masih belum pasti alien itu ada atau tidak ada

    ReplyDelete
  11. Apakah benar alien itu ada, saya kira itu hanya imajinasi para pembuat film saja

    ReplyDelete
  12. dengan adanya parabola raksasa ini, apakah benar eksistensi alien itu nyata?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika alien itu benar2 ada maka tidak sia2 afrika membuat atau membangun parabola raksasa

      Delete
  13. Sangat menakjubkan, tapi apakah Alien itu memng benar-benar ada?

    ReplyDelete
  14. Saya sangat penasaran dengan adanya kehidupan alien. Semoga dengan adanya cara ini, pertanyaan itu bisa terjawab, dan bisa dibuktikan itu mitos atau fakta.

    ReplyDelete
  15. Mungkin dengan adanya alat pemburu ini kita bisa tau bahwa ada tidaknya kehidupan di luar bumi.

    ReplyDelete
  16. Terniat banget yaa negaraa afrika sampe bikin parabola raksasa pemburu alien,tapi patut diacungi jempol nih.

    ReplyDelete
  17. Terniat banget yaa negaraa afrika sampe bikin parabola raksasa pemburu alien,tapi patut diacungi jempol nih.

    ReplyDelete
  18. Replies
    1. Belum pasti karena masih menjadi misteri

      Delete
  19. Saya kira benar sinyalnya dari alien ternyata penelitian menyebutkan sinyal tersebut bukan bentuk komunikasi dari alien, tetapi tercipta karena semacam fenomena di ruang angkasa.

    ReplyDelete
  20. Alien itu tidak ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak konspirasi konspirasi tentang alien bahwa alien itu benar adanya dan banyak bukti bukti di temukan di dalam konspirasi tersebut bahwa alien itu nyataaa adanya

      Delete
  21. Alien ko di buru? emang ada? Saya baru tahu memburu alien

    ReplyDelete
  22. Karena berburu hewan hutan sudah mainstream manusia memulai perburuan barunya berburu alien

    ReplyDelete
  23. Gak kebayang segede apa Parabola Raksasa? Apa bisa pemburu alien?

    ReplyDelete
  24. Keren untuk afrika bisa membangun parabola raksasa seperti itu. Tapi emang benar adanya alien?

    ReplyDelete
  25. DIHAN MUHAMMAD RAIHAN15 April 2020 at 08:34

    Parabola tersebut sangat berguna karena dapat mengetahui sinyal dari luar angkasa dan bisa mengetahui apa yang terjadi di luar angkasa sana.

    ReplyDelete
  26. Sangat canggih sekali dengan adanya parabola tersebut bisa memburu para alien

    ReplyDelete
  27. apa yang terjadi ketika alien itu turun ke bumi???apakan akan menguasai bumi???

    ReplyDelete
  28. Dan sampai sekarang menjadi tanda tanya besar bagi sebagian orang tentang keberadaan alien trsbt

    ReplyDelete
  29. Jika alien bnr ada apakah mereka akan merugikan kita?

    ReplyDelete
  30. Menarik patut di ikuti perkembangannnya

    ReplyDelete
  31. Bagi sebagian besar org menganggap alien itu benar adanya

    ReplyDelete
  32. Saya belum tau dan tidak tau alien itu ada atau tidak

    ReplyDelete
  33. Aji Syekh Jabar Perdana15 April 2020 at 17:16

    Afrika Selatan sangat hebat membangun antena parabola selebar 15 meter.
    Wah kalo bener alien itu ada.dimanakah mereka tinggal.

    ReplyDelete
  34. Apakah bener alien itu ada dan bisa di tanggkap, mungkin sebagian orang ada yang percaya dan tidak keberadaan alien itu

    ReplyDelete
  35. Jika alien bisa terdeteksi oleh parabola raksasa itu ,saya ingin melihatnya bahwa alien itu seperti apa

    ReplyDelete
  36. Lah emang alien ada tah?

    ReplyDelete
  37. Saya kira makhluk alien itu tidak ada dan yang saya tau makhluk alien itu di cerita cerita

    ReplyDelete
  38. Apakah alat itu bisa mendeteksi dengan akurat keberadaan alien

    ReplyDelete
  39. Rengga Fajar Dharmansyah24 April 2020 at 08:16

    Apa benar alien itu ada?

    ReplyDelete
  40. Kita tunggu,apakh benar adanya alien?

    ReplyDelete
  41. Wah alat yang hebat bisa memburu alien tapi apakah alien itu ada?

    ReplyDelete
  42. Alat yang sangat canggih,bisa memburu alien tpi benarkah di semesta ini ada alien?

    ReplyDelete
  43. Semoga dengan adanya alat ini kita bisa tahu apakah alien itu ada atau tidak.

    ReplyDelete
  44. Ada ada saja,walaupun dapat juga untuk apa?

    ReplyDelete
  45. Erika Puji Lestari6 June 2020 at 22:50

    Ini alat yang sangat canggih dan hebat dan apakah alien itu benar ada?

    ReplyDelete
  46. Anbiya Nabila Yuda7 June 2020 at 01:16

    Semoga kita mengetahui keberadaan alien dengan adanya alat ini

    ReplyDelete
  47. Mungkinkah hanya cuma di dalam film kalo alien itu ada? Wallahu alam

    ReplyDelete
  48. NANDANG PERNANDA7 June 2020 at 09:27

    Apakah benar masih ada kehidupan di luar angkasa

    ReplyDelete
  49. Dani Aprilianto7 June 2020 at 11:37

    Saya jadi penasaran apakah betul alien itu benar-benar ada??

    ReplyDelete
  50. jika benar ada alien semoga alat tersebut bisa mencari kebenaran

    ReplyDelete
  51. Semoga dengan adanya alat tersebut dapat mempermudah mencari kebenaran alien

    ReplyDelete
  52. Dengan alat itu semoga mudah mencari kebenaran alien

    ReplyDelete
  53. Saya masih bingung apakah alien itu bener ada?

    ReplyDelete
  54. Semoga dengan alat tersebut bisa meyakinkan bahwa alien itu bnr ada atau tidak

    ReplyDelete
  55. FARHAN MUCHAMAD FADILLAH8 June 2020 at 16:00

    Jika elien benar benar ada ternyata manusia tidaklah sendiri di alam semesta ini

    ReplyDelete
  56. Meskipun sudah dibuat parobola untuk pemburu alien,apakah bener alien itu ada?masih misteri sampai saat ini

    ReplyDelete
  57. Apakah alien itu emng benar-benar ada?

    ReplyDelete
  58. Lantas kalau alien itu ada, Mau di apakan alien itu?

    ReplyDelete
  59. Ternyata masih ada juga yang percaya bahwa alien ada

    ReplyDelete
  60. Menurut saya ada bagusnya juga karena misteri di luar angjata masih banyak

    ReplyDelete
  61. Benarkan alien benar2 ada?

    ReplyDelete
  62. Apa benar alien itu ada?

    ReplyDelete
  63. Kalo soal seperti itu aku kurang percaya kalo alien itu ada.

    ReplyDelete
  64. Semuanya masih menjadi rahasia dunia

    ReplyDelete
  65. apakah benar alien itu ada saya masih tidak percaya

    ReplyDelete
  66. albarfadhillah11 June 2020 at 11:32

    hanya tuhan yang mengetahui segalanya

    ReplyDelete
  67. albarfadhillah11 June 2020 at 11:33

    apa alien juga membuat alat untuk menangkap manusia

    ReplyDelete
  68. Mungkin afrika ingin melakukan experimen

    ReplyDelete