Apa Jadinya Kalau Bumi Tersedot ke Lubang Hitam?

Apa Jadinya Kalau Bumi Tersedot ke Lubang Hitam? Foto: Getty Images

Jakarta - Lubang hitam adalah salah satu fenomena kosmik menakutkan dan misterius yang berada tepat di luar garis pandang kita. Apa yang akan terjadi jika Bumi jatuh dan tersedot ke salah satu lubang hitam?

Untuk diketahui, lubang hitam lahir ketika bintang mencapai akhir hidupnya, setelah menghabiskan semua bahan bakar nuklir mereka selama miliaran tahun. Ketika sudah kehabisan gas untuk terbakar, bintang tersebut menjadi tidak stabil dan terlalu berat untuk menopang dirinya sendiri.

Bintang itu kemudian runtuh dengan sendirinya, mendorong semua massa menjadi titik yang sangat kecil serta padat yang disebut singularitas lubang hitam.

Sementara itu, di sekeliling singularitas lubang hitam adalah wilayah yang tidak diketahui dan hanya dibatasi horizon peristiwa. Ini adalah sebutan para astronom pada titik tanpa balik yang tidak bisa dilewati oleh apapun, bahkan cahaya sekalipun.

Karena tarikan gravitasi dari lubang hitam menghabiskan semua cahaya dan membuatnya terperangkap, lubang hitam tetap tidak terlihat oleh mata telanjang. Jadi, apa yang akan terjadi jika planet sebesar Bumi terperangkap dalam cengkeraman lubang hitam?

Alvaro Diez yang mempelajari fisika partikel dari Universitas Warsawa, Polandia, mengatakan, semua aturan keluar 'jendela' ketika benda mendekati lubang hitam. Menurutnya, di sinilah segalanya menjadi rumit dan sangat aneh.


Apa Jadinya Kalau Bumi Tersedot ke Lubang Hitam?
Ilustrasi lubang hitam. Foto: NASA


"Dari sudut pandang kami, tidak ada yang terjadi di awal, karena kita akan jatuh sangat lambat sama seperti kita jatuh sedikit ke Matahari saat ini," ujarnya seperti dikutip dari Express.

"Ketika kita mendekati lubang hitam, kekuatan pasang surut akan sangat besar sehingga Bumi tidak lagi tinggal dalam satu keping dan akan terpisah menjadi bongkahan yang lebih kecil, seperti asteroid yang jatuh ke dalam lubang hitam," sambungnya.

Dikatakannya, hal ini terjadi karena perbedaan gaya tarik gravitasi di antara berbagai bagian Bumi akan jauh lebih besar daripada kekuatan yang menyatukannya. Para astronom menyebut efek aneh ini sebagai spagettifikasi yang disebabkan oleh peregangan vertikal dan kompresi horizontal suatu benda.

Tapi bisakah planet kita melewati lubang hitam cukup dekat dan merasakan efek ini?

Salah satu lubang hitam terdekat dengan Bumi diyakini mengintai dalam sistem bintang biner yang dijuluki A0620-00. Sistem biner terletak sekitar 3.000 tahun cahaya atau 17.635.876.000.000.000 mil dari Bumi.

Para astronom meyakini sebuah bintang yang kesepian dalam sistem itu mengorbit lubang hitam supermasif yang memancarkan sejumlah besar radiasi x-ray tetapi tidak dapat dilihat sebaliknya.

Beruntung bagi semua orang di Bumi, lubang hitam terlalu jauh untuk menjadi perhatian bagi planet kita.


"Dari jauh, lubang hitam sama seperti benda besar lainnya sehingga kita bisa merasakan efeknya dari jauh tanpa menjadi bencana. Faktanya, jika Matahari akan digantikan oleh lubang hitam dengan massa yang sama, satu-satunya efek yang akan kita perhatikan adalah kurangnya sinar Matahari," kata Diez.

Namun dikatakannya, posisi Bumi terbilang aman dan cukup jauh jika mengandaikan skenario tersedot ke lubang hitam.

"Kita harus berada sangat dekat dengan lubang hitam untuk berada dalam risiko bahaya. Untungnya, kita tidak cukup dekat pada lubang hitam sehingga tak perlu khawatir," tutupnya. 
 

76 Responses to "Apa Jadinya Kalau Bumi Tersedot ke Lubang Hitam?"

  1. Ternyata "Lubang hitam" terbentuk dari bintang yang kehabisan bahan bakar setalah beberapa miliar tahun,dan untung nya bumi kita terbilang aman dari lubang hitam

    ReplyDelete
  2. Sangat mengerikan jika bumi tersedot ke lubang hitam mungkin kita sudah tidak ada di kehidupan ini dan untungnya bumi kita aman karena jauh dari lubang hitam

    ReplyDelete
  3. Lubang yang sangat menakutkan dan dapat menggemparkan seluruh dunia, untung nya lubang hitam itu berada jauh di negara kita.

    ReplyDelete
  4. Ngerii kalo bumi tersedot lubang hitam untungnya bumi terbilang aman dari lubang hitam

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Ngeri kalo sampe bumi kita tersedot oleh lubang hitam itu, dan yg patut kita syukuri negara kita sangat jauh dengan keberadaan lubang hitam itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan meskipun negara kita jauh di lubang hitam tapi negara kita ada dibumi sama aja kalo bumi tersedot negara kita pun akan kena

      Delete
  7. FAJRI DWI PUTRA14 April 2020 at 14:58

    Kita harus bersyukur karena planet kita jauh dari lubang hitam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah semoga saja tidak akan pernah terjadi

      Delete
  8. Memang sangat mengerikan lubang hitam ini jika dunia ini tersedot oleh lubang hitam mungkin sekarang kita tidak akan hidup seperti ini lagi. Dan sangat beruntung sekali lubang hitam itu sangat jauh dengan bumi

    ReplyDelete
  9. Cukup ngeri ya mendengar artikel ini,lubang hitam yamg dapay menyedot ini.Tapi untungnya bumi ini jauh dengan lubang hitam itu jadi kita harus tetap bersukur dan jangan panik

    ReplyDelete
  10. Oh my Gosh... Artikel nya sangat menarik plus sedikit menyeramkan juga. Kayak nya kita juga harus selalu update perkembangan astronomi yang terjadi karena ini penting.

    ReplyDelete
  11. Dari perkataan Alvaro Diez, saya tercengang betapa mengerikannya jika bumi tersedot masuk ke dalam lubang hitam

    ReplyDelete
  12. Berita yang mengejutkan tapi planet Kita jauh dari lubang hitam. Alhamdulillah

    ReplyDelete
  13. Ternyata cukup menyeramkan juga ya jika lubang hitam dapat menyedot bumi. untungnya jarak dari bumi dan lubang hitam jauh ya, seperti jarak kita saat ini.

    ReplyDelete
  14. Saya baru mengetahui adanya lubang hitam, dan begitu menakutkan untuk semua makhluk hidup di bumi. Semoga saja ini tidak terjadi.

    ReplyDelete
  15. Sangat mengkhawatirkan,lebih baik kita selalu waspada da harus terus upgrade perkembangan dunia astronomi.

    ReplyDelete
  16. Ngeri juga jika bumi tersedot lubang hitam maka bumi akan hancur, naudzubillah

    ReplyDelete
  17. Maka dari itu perbanyaklah berbuat kebaikan, sebelum lubang hitam menelan semuanya.

    ReplyDelete
  18. Sungguh mengerikan lubang hitam tersebut tetapi untung bumi jauh dari lubang tersebut. Tobatlah manusia

    ReplyDelete
  19. Untungnya planet kita jauh dri lubang hitam tersebut.

    ReplyDelete
  20. Setidaknya tidak ada yang tau kapan bumi kita tersedot lubang hitam makanya jangan lupa kewajiban sebagai manusia

    ReplyDelete
  21. Ternyata lubang hitam mengerikan,maka dari itu kita harus perbanyak berbuat baik,terutama kewajiban kita sebagai umat islam.sehat slalu buat kita semua.

    ReplyDelete
  22. Lubang hitam itu sangat menakutkan untuk lubanh tersebut jauh dari bumi
    ternyata jika kita mendekati lubang hitam, kekuatan pasang surut akan sangat besar sehingga Bumi tidak lagi tinggal dalam satu keping dan akan terpisah menjadi bongkahan yang lebih kecil

    ReplyDelete
  23. Waw ternyata menakutkan info lubang hitam, tetapi kita jadi tau apa itu lubang hitam dan terbentuk dari apah lubang hitam itu, untung sekali bumi kita jauh dari lubang hitam, sangat bagus artikel inih buat pengetahuan pelajar

    ReplyDelete
  24. Jangan Lupa berdo'a ,memperbaiki supaya kita selamat dari lubang hitam

    ReplyDelete
  25. Aji Syekh Jabar Perdana14 April 2020 at 19:22

    Kita harus bersyukur karena bumi kita jauh dari lubang hitam.

    ReplyDelete
  26. Memang lah seram mendengar berita tentang lubang hitam

    ReplyDelete
  27. Menakutkan sekali jika itu terjadi tetapi Kita harus tetap berdoa dan mendekat kan diri kepada Allah karena hanya Allah yang yang berkehendak atas segalanya

    ReplyDelete
  28. Sangat menyeramkan lubang hitam mampu menyedot planet.kita beruntung lubang hitam jauh dari bumi

    ReplyDelete
  29. mengerikan sekali jika bumi sampe tersedot lubang hitam tersebut.tapi kita masih beruntung bumi sangat jauh dari lubang hitamnya.

    ReplyDelete
  30. Banyak hal di luar logika kita..ternyata ada banyak hal di dalam galaksi bima sakti ini

    ReplyDelete
  31. Mengerikan dgr kiamat aja udh bergetar apalagi hal semacam gini semoga tidak terjadi, aamiin

    ReplyDelete
  32. Mengerikan memang jika benar bumi ini bisa tersedot ke lubang hitam, tetapi kita beruntung karena planet kita jauh dari lubang hitam tersebut

    ReplyDelete
  33. sangat mengerikan,semoga tidak terjadi pada bumi ini

    ReplyDelete
  34. Cukup mengerikan ,Untungnya, kita tidak cukup dekat pada lubang hitam sehingga tak perlu khawatirkan.Semoga sajah bumi ini jagan sampai memelaui lubang Hitam.

    ReplyDelete
  35. Sangat beruntungnya semua orang yang ada dibumi, karena jauh dari lubang hitam

    ReplyDelete
  36. Sangat menyeramkan sekali apalagi lubang hitam menyedot bumi, semoga tidak terjadi.

    ReplyDelete
  37. Mengerikan gravitasi lubang hitam sangat kuat bisa menghabiskan semua cahaya dan lainnya

    ReplyDelete
  38. Artikel yang menarik dan cukup mengerikan lubang hitam ini

    ReplyDelete
  39. Jika benar bumi akan berpencaran jika mengenai lubang hitam, itu sangat mengerikan

    ReplyDelete
  40. Sungguh mengerikan sekali mungkin tidak akan ada kehidupan lagi dibumi

    ReplyDelete
  41. Semoga bumi kita tidak tersedot lubang hitam

    ReplyDelete
  42. Mungkin jika bumi tersedot ke dalam lubang hitam bumi akan hancur menjadi berpuing puing dan tidak akan ada kehidupan lagi

    ReplyDelete
  43. Ternyata dibumi ada sepeerti itu juga

    ReplyDelete
  44. Dengan adanya lubang hitam yang terbentuk sebelum bintang ini ternyata jika kehabisan bahan bakar nuklir lubang hitam itu akan menyedot bumi dan bumi pun berakhir hancur

    ReplyDelete
  45. Untungnya bumi jauh dari lubang hitam itu

    ReplyDelete
  46. Sangat menggerikan ya lubang hitam itu

    ReplyDelete
  47. Ngeri juga jika kita tersedot ke lubang hitam maka kita tidak akan bisa kembali dan menjadi hancur berkeping-keping akibat tekanan gravitasi yang sangat besar.

    ReplyDelete
  48. Sangat mengerikan sekali jika benar terjadi,mungkin saja tidak ada lagi kehidupan di bumi

    ReplyDelete
  49. untungnya bumi terbilang aman dari lubang hitam

    ReplyDelete
  50. Semua makhluk di bumi mungkin akan binasa

    ReplyDelete
  51. Bumi terbilang aman dari lubang hitam dan semoga saja tetap begitu.

    ReplyDelete
  52. Anbiya Nabila Yuda6 June 2020 at 17:56

    Semoga kejadian itu tidak akan terjadi pada bumi kita dan semoga bumi tetap aman

    ReplyDelete
  53. Erika Puji Lestari6 June 2020 at 19:57

    Sangat menakutkan,tetapi bumi aman jauh dari lubang hitam dan semoga selalu aman

    ReplyDelete
  54. Bumi terbilang aman dan cukup jauh dari lubang hitam tapi kita harus selalu berhati-hati

    ReplyDelete
  55. NANDANG PERNANDA7 June 2020 at 09:14

    Untungnya bumi masih aman dan cukup jauh jika mengandaikan skenario tersedot ke lubang hitam

    ReplyDelete
  56. FARHAN MUCHAMAD FADILLAH7 June 2020 at 11:55

    Untunglah jarak lubang hitam sangatlah jauh dari bumi

    ReplyDelete
  57. Lubang hitam dengan bumi cukup jauh jaraknya

    ReplyDelete
  58. Semoga saja itu fiksi belaka dan tidak terjadi apa apa pada bumi ini

    ReplyDelete
  59. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah

    ReplyDelete
  60. Semoga tidak terjadi pada bumi kita tercinta

    ReplyDelete
  61. Wow cukup mengerikan materi tentang lubang hitam ini,setelah membaca artikel blog ini baru tau dan saya dapat mengetahui tentang ilmu ilmu astronom dan planet. Semoga saja fenomena bumi tersedot lubang hitam hanya omong belaka tidak sampai terjadii, ayo kita sama sama selamatkan bumi selamatkan diri, bekali diri kita dengan informasi

    ReplyDelete
  62. Kita harus banyak ber doa agar kita terhindar dara semua marabahaya amin

    ReplyDelete
  63. Cukup mengerikan jika benar benar terjadi

    ReplyDelete
  64. Semoga bumi tidak tersedot lubang hitam

    ReplyDelete
  65. Lubang hitam bukan cuman menyedot bumi masuk ke dalam tai juga menghancurkannya berkeping-keping.

    ReplyDelete
  66. Lubang hitam ini sangat mengerikan jika benar-benar terjadi

    ReplyDelete
  67. mengerikan sekali jika bumi sampe tersedot lubang hitam

    ReplyDelete
  68. Jika bumi tersedot kedalam lubang tidak tahu lagi kita bisa apa,mungkin stelahnya tidak akan sumber kehidupan(matahari)

    ReplyDelete