China Akan Luncurkan Pesaing GPS Tahun Depan

Ilustrasi satelit Foto: Photo by NASA on Unsplash

Jakarta - Beberapa tahun terakhir China telah mengembangkan teknologi satelit navigasi yang dinamai BeiDou Navigation Satellite System. Teknologi navigasi ini dikembangkan sebagai pesaing Global Positioning System (GPS) yang dikembangkan oleh Amerika Serikat.

Setelah pengembangan bertahun-tahun, China siap meluncurkan dua satelit terakhir yang akan menyelesaikan pembangunan BeiDou-3 Navigation Satellite System.

Juru bicara China Satellite Navigation Office, Ran Chengqi mengungkap bahwa China telah berhasil meluncurkan satelit yang berisikan inti dari sistem navigasi, yang memungkinkan jaringan satelit tersebut untuk menyediakan layanan secara global.

Dengan satelit tambahan ini, jumlah satelit di konstelasi tersebut mencapai angka 24 dan sudah semakin mendekati tahap penyelesaian.

"Sebelum Juni 2020, kami berencana untuk meluncurkan dua satelit lagi ke orbit geostationary dan sistem BeiDou-3 akan lengkap sepenuhnya," kata Ran.

Ran mengatakan dengan peluncuran satelit terbaru BeiDou, jaringan ini memiliki tingkat akurasi hingga lima meter di Asia Pasifik dan 10 meter di bagian dunia lainnya.

Proyek yang akan segera diselesaikan ini merupakan versi ketiga dari sistem BeiDou. BeiDou 1, yang terdiri dari tiga satelit, mulai menyediakan layanan terbatas pada tahun 2000 dan dipensiunkan pada tahun 2012.


Di tahun yang sama, sistem BeiDou 2 yang terdiri dari 10 satelit diluncurkan. Jaringan ini menyediakan layanan di wilayah Asia dan sekitarnya.

Pada tahun 2015, China mulai mengerjakan versi ketiga yang bisa menyediakan layanan secara global. Jika sudah meluncur, BeiDou akan menjadi layanan navigasi global keempat yang ada di dunia, mengikuti GPS milik AS, GLONASS milik Rusia, dan Galileo milik Uni Eropa. 

91 Responses to "China Akan Luncurkan Pesaing GPS Tahun Depan"

  1. China emang jenius dalam pola pikir;v

    ReplyDelete
  2. China juga tidak mau kalah dari amerika china terus mengeluarkan aplikasi aplikasi terbaru yang sangat canggih sehingga bisa bersaing sama negara lain seperti amerika dan china sangat cepat dalam menemukan sesuatu yang baru yang lebih canggih

    ReplyDelete
  3. China juga berpikir keras untuk masa depannya yang penuh saingan.

    ReplyDelete
  4. China mulai ingin mengejar negara-negara yang sudah lebih dahulu meluncurkan GPS

    ReplyDelete
  5. China tidak mau kalah dengan negara lain sehingga kini mulai membuat technology canggih seperti halnya meluncurkan BeiDou

    ReplyDelete
  6. China telah siap untuk menjadi pesaing bagi negara-negara Eropa di bidang teknologi khususnya dalam bidang telekomunikasi dan navigasi mereka meluncurkan BeiDou satellite navigation untuk menyaingi GPS yang merupakan buatan dari Amerika.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali
      #tetapi saya ttp cinta indIndone

      Delete
    2. Benar sekali
      #tetapi saya ttp cinta Indonesia

      Delete
  7. China bisa dikatakan negara yang sangat Tidak mau ketinggalan zaman, pasalnya negara yang di juluki tirai bambu ini sangat canggih dalam segi hal apapun bahkan Amerika Serikat pun kalah saing dengan China di bidang bisnis pun

    ReplyDelete
  8. China sangat berkembang pesat

    ReplyDelete
  9. Pergerakan China sangat lah cepat dan tidak teduga, alangkah baiknya Indonesia bisa meniru keterampilan China perihal teknologi

    ReplyDelete
  10. China sangat gesit untuk negara nya maju , kita sebagai warga negara indonesia harus patut contoh china untuk mengembangkan negara nya yang penuh saingan.

    ReplyDelete
  11. China sangat gesit dan ia pun akan meluncur langsung 2 satelit

    ReplyDelete
  12. Lagi-lagi China tidak mau kalah dalam bidang teknologi. Mereka terus membuat temuan-temuan baru yang pasti akan bersaing dengan negara lainnya.

    ReplyDelete
  13. China adalah negara yg menghasilkan produk-produk terbaik di dunia. Patut di contoh negara yg satu ini.

    ReplyDelete
  14. Ide yang sangat bagus dari negeri cina, tapi apakah barangnya akan bagus karena "made in china"? wkwk

    ReplyDelete
  15. FAJRI DWI PUTRA14 April 2020 at 17:08

    China gamau kalah sama pesaingnya

    ReplyDelete
  16. Memang hebat nih pemikiran terbaru dari negara china

    ReplyDelete
  17. Teknologi China semakin melesat

    ReplyDelete
  18. Keakuratan GPSnya harus tinggi banget sih..

    ReplyDelete
  19. Memang teknologi cina semakin maju

    ReplyDelete
  20. China memang terkenal dari teknologinya terbukti mampu bersaing dengan negara negara eropa dan amerika

    ReplyDelete
  21. Cina selalu tidak mau kalah bersaing dengan negara lain apalagi soal teknologi.

    ReplyDelete
  22. Teknologi dan masyarakat sangat mendukung dan kompak jdi sangat cepat yg namanya kemajuan

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Wah perkembangan teknologi di china sangat lah cepat

    ReplyDelete
  25. China ini memang betul betul keren, di bidang maupun pasti melakukan hal yang tidak dilakukan oleh yang lain

    ReplyDelete
  26. China emang terkenal dengan perkembangan nya produk produk nya pun sangat berkembang melesat

    ReplyDelete
  27. China terus berinovasi dengan mengembangkan berbagai teknologi agar tidak kalah dari pesaingnya.

    ReplyDelete
  28. China tidak mau kalah bersaing memeng china berkembang yang sangat menakjubkan

    ReplyDelete
  29. china menang negara paling cepat berkembang dalam teknologi

    ReplyDelete
  30. Cina memang bagus dan sangat hebat bisa meluncurkan satelit, cina tidak mau kalah dalam hal teknoligi di masa sekarang good

    ReplyDelete
  31. Cina memang beda dari yang lain

    ReplyDelete
  32. Negara China ternyata memiliki teknologi yg canggih

    ReplyDelete
  33. China memang negara yang berkembang dengan teknologinya

    ReplyDelete
  34. China memang terkenal dengan alat alat nya yg canggih

    ReplyDelete
  35. Wajar saja China akan luncurkan GPS taun depan karena pola pikir mereka lebih jenius

    ReplyDelete
  36. China memang negara yang tidak mau kalah dengan negara lainnya

    ReplyDelete
  37. Aji Syekh Jabar Perdana15 April 2020 at 16:46

    Wah China gak mau kalah sama Amerika serikat.china terus mengembangkan satelit navigasi,mantap.

    ReplyDelete
  38. China memang negara yang rakyatnya sangat begitu pintar dan jenius

    ReplyDelete
  39. Tidak diragukan lagi,china memang sangat maju dalam bidang teknologi.Semoga negara indonesia juga bisa semakin maju dalam bidang teknologinya

    ReplyDelete
  40. China pun tidak mau tersaingi oleh amerika dengan begitu china berpikir keras untuk bisa mengeluarkan aplikasi aplikasi

    ReplyDelete
  41. Wah hebat sekali China akan luncurkan pesaing GPS untuk menyaingi Amerika serikat tentu saja China tidak mau kalah

    ReplyDelete
  42. China memang hebat dengan kemampuan teknologi yang luarbiasa.

    ReplyDelete
  43. Mantap china tidak mau klah dg negara lain

    ReplyDelete
  44. China memang tidak mau kalah dalam segi tekhnologi.

    ReplyDelete
  45. China memang luar biasa,negara yng tidak mau tersaingi dengan negara lain

    ReplyDelete
  46. China memang hebat dalam segi teknologi nya , china pun tidak mau tersangi oleh negara lain

    ReplyDelete
  47. Cina memang negara yang selalu membuat teknologi² canggih

    ReplyDelete
  48. China adalah negara yang tidak mau tersaingin oleh negara lain

    ReplyDelete
  49. Anbiya Nabila Yuda6 June 2020 at 18:13

    Pola pemikiran masyarakat china sangatlah jenius sehingga mereka melakukan berbagai cara agar tidak tersaingi oleh negara-negara lainnya

    ReplyDelete
  50. Erika Puji Lestari6 June 2020 at 22:26

    Negara China memang tidak ingin tersaingi oleh negara lain apalagi tentang teknologi

    ReplyDelete
  51. China yaitu Negara yang perkembangan tekneloginya sangat pesat dan Negara China selalu membuat temuan temua baru agar tidak tersaingi oleh negara lain.

    ReplyDelete
  52. Perkembangan teknologi china sungguh cepat

    ReplyDelete
  53. Negara china merupakan negara yang perkembangan tekneloginya sangat pesat sehingga negara china selalu membuat temuan baru agar tidak tersaingin oleh negara lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, china adalah negara yang perkembangan teknologinya sangat pesat

      Delete
  54. Perkembangan teknologi china memang sangatlah jenius

    ReplyDelete
  55. China sangat canggih dalam teknologi

    ReplyDelete
  56. Negara maju! Semoga negara kita bisa lebih maju!

    ReplyDelete
  57. FARHAN MUCHAMAD FADILLAH8 June 2020 at 18:11

    Teknologi china sangat luar biasa

    ReplyDelete
  58. Replies
    1. Nandang pernanda8 June 2020 at 20:16

      Sangat menakjubkan

      Delete
  59. China sangat jenius, Teknologinya mampu berkembang dengan cepat

    ReplyDelete
  60. Salut sama kemajuan teknologi nya hehe

    ReplyDelete
  61. Ditengah pandemi seperti ini China masih tidak ingin terkalahkan dengan masalah teknologi

    ReplyDelete
  62. Pasti ini akan menggegerkan dunia luar biasa

    ReplyDelete
  63. Cina sangat hebat dalam bidang teknologi.

    ReplyDelete
  64. Cina hampir menguasai berbagai teknologi

    ReplyDelete
  65. China memang hebat dalam menciptakan teknologi

    ReplyDelete
  66. Pesaing gps? china bercanda? btw good job china.

    ReplyDelete
  67. Perkembangan teknologi china sungguh cepat

    ReplyDelete
  68. Mungkin dengan adanya kerja keras bisa menghasilkan hasil yang luar biasa contohnya china dengan teknologi yang makin hari semakin canggih.

    ReplyDelete