Ikan Wakanda Ditemukan di Afrika

Ikan Wakanda (Luiz Rocha © 2018 California Academy of Sciences)

Jakarta - Wakanda adalah negeri fiktif superhero Black Panther. Namun ilmuwan menemukan spesies baru ikan Wakanda. Kok bisa?

Inilah publikasi riset terbaru dari California Academy of Sciences. Mereka mengumumkan penemuan 71 spesies hewan baru sepanjang 2019.

Salah satunya adalah ikan Vibranium Fairy Wrasse dengan nama latin Cirrhilabrus wakanda. Ikan ini ditemukan hasil penelitian Luiz Rocha, Bart Shepherd dan Hudson Pinheiro. Dalam laporan ilmiah yang dilihat detikINET, Selasa (17/12/2019).

Mereka menjumpai ikan ini di sisi timur Pulau Zanzibar, Tanzania, Afrika bagian timur. Ikan Wakanda ini masuk ke jenis ikan Wrasse, dari famili Labridae yang kebanyakan spesiesnya berwarna cerah dan cantik.

Ikan Wakanda Ditemukan di Afrika
Ikan Wakanda (Luiz Rocha © 2018 California Academy of Sciences)


Ini adalah ikan perairan dangkal yang hidup di antara terumbu karang, termasuk di Pulau Zanzibar yang masuk dalam Samudera Hindia sebelah barat. Ikan ini ada di kedalaman 50-80 meter.

Kenapa disebut Wakanda? Kalau melihat corak warna ikannya yang silver, biru, merah, mirip dengan logam Vibranium dari film Captain America dan Black Panther buatan Marvel.

Dalam ceritanya, logam Vibranium berasal dari negara Wakanda. Penamaan ini tentu juga untuk penghormatan terhadap cerita superhero Black Panther. Negeri Wakanda ini menurut komik ada di sebelah utara Tanzania.

84 Responses to "Ikan Wakanda Ditemukan di Afrika"

  1. Masih banyak lagi keajaiban yang ada di laut dan penemuan ini hanya beberapa dari sekian banyak hewan laut

    ReplyDelete
  2. Ini hanya salah satu mungkin masih banyak keajaiban lainya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus untuk penelitiannya jadi lebih banyak spesies2 lainnya tidak untuk ikan saja.Wakanda Forever

      Delete
  3. Bagus sekali artikel ini ,menambah wawasan saya

    ReplyDelete
  4. Ikan yang sangat indah dan sangat langka, penemuan yang benar benar indah.

    ReplyDelete
  5. Ikannya bagus dan indah warnanya saya merasa tertarik ingin mempunyainya.

    ReplyDelete
  6. Masih banyak lagi ikan ikan indah yg hidup di lautan

    ReplyDelete
  7. Ikan yang sangat cantik,bagus dan sangat langka sungguh banyak nya keindahan yang masih belum kita ketahui dan mungkin masih banyak spesies lainnya

    ReplyDelete
  8. Ikan yang cantik dan manawan semoga dapat di kembang biakan sehinnga mejadi ikan hias bagi pecinta ikan di seluruh dunia

    ReplyDelete
  9. Ini baru salah satu spesies ikan baru yang ditemukan masih banyak lagi spesies ikan yang belum ditemukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adanya spesies ikan ini membuat saya terkejut karna baru pertama kali melihatnya

      Delete
  10. Wahh mantap nih bisa di jadikan ikan hias dirumah supaya lebih cantik ruangan nya 😁

    ReplyDelete
  11. FAJRI DWI PUTRA14 April 2020 at 16:34

    Menambah wawasan saya jadi tau ikan baru

    ReplyDelete
  12. Ternyata masih banyak hewan hewan lain di dunia ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata masih banyak spesies ikan lainnya yang belum kita ketahui

      Delete
  13. Ikan wakanda ini mungkin titisan dari black panther, terimakasih Marvel cinematic universe telah mewarisi kita ikan yang keren ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikan wakanda ini juga mungkin bisa kita jadikan peliharaan bagi pecinta ikan hias

      Delete
  14. Berawal dari cerita fiktif, bisa menjadi hal yang ada dan nyata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow bagus sekali warna nya yang sangat cerah dan cantikk

      Delete
  15. Berawal dari cerita fiktif, bisa menjadi hal yang ada dan nyata.

    ReplyDelete
  16. Keren juga ini ikan warna nya udah kayak film black panther.

    ReplyDelete
  17. Wah bagus sekali nih ,ternyata masih banyak bergaman ikan yang lebih bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat bagus dengan motifnya yang terlihat sederhana tetapi sangat indah untuk dilihat

      Delete
  18. Cantik banget warna ikan nya,pemumaan ini sangat menarik dan ditemukannya juga di kedalama 50-80 keren banget

    ReplyDelete
  19. Saya tertarik untuk memelihara ikan ini

    ReplyDelete
  20. Ikan yg cantik tpi syg bukan diindonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup cantik untuk ikan spesies kecil seperti itu,jika bisa melestarikannya di Indonesia kenapa tidak?

      Delete
  21. Bagus untuk di jadikan ikan hias

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kalo bisa di lestarikan atau di kembangbiakan di Indonesia

      Delete
  22. Banyak temuan hewan -hewan di dunia,ikan nya sangat bagus dan cantik untuk di jdikan hisan.

    ReplyDelete
  23. Ikan yang bagus dan warna yang sangat cantik yang pasti membuat semua orang ingin memilikinya.

    ReplyDelete
  24. Ikan yang sangat unik dan cantik

    ReplyDelete
  25. DIHAN MUHAMMAD RAIHAN15 April 2020 at 08:37

    Berkat artikel ini saya menjadi tau spesies ikan baru.

    ReplyDelete
  26. Ikan yang bagus mungkin masih banyak spesies ikan lainnya yang di temukan

    ReplyDelete
  27. Indah sekali ikan nya mungkin masih banyak juga ikan ikan yang langka tetapi belum ditemukan

    ReplyDelete
  28. artikel ini sangat bagus,saya menjadi lebih tau banyak jenis ikan unik

    ReplyDelete
  29. Ikan wakanda adalah ikan yang sangat indah

    ReplyDelete
  30. Ikan wakanda adalah ikan yang berukuran kecil dan mempunyai warna yang mencolok

    ReplyDelete
  31. Ikan yang sangat bagus dan warna yang cantik kaya ikan cupang

    ReplyDelete
  32. Aji Syekh Jabar Perdana15 April 2020 at 17:22

    Ternyata penemu ikan ini bukan orang Indonesia.ikan ini juga hidup diterumbu karang.

    ReplyDelete
  33. Wah ikan yg sangat kecil tetapi memiliki warna khas yang sangat cantik watna warna perpaduan di tubuh ikan itu unik

    ReplyDelete
  34. Wah ikan yg sangat kecil tetapi memiliki warna khas yang sangat cantik watna warna perpaduan di tubuh ikan itu unik

    ReplyDelete
  35. Mungkin di seluruh dunia masih banyak ikan ikan yang belum di ketahui oleh manusia dan banyak jenis nya dan unik

    ReplyDelete
  36. Wahhh ikan ini sangat bagus apalagi dijadikan hiasan di aquarium dan di pajang

    ReplyDelete
  37. Itu salah satu jenis ikan spesies baru mungkin ada banyak lagi yang belum saya tahu.

    ReplyDelete
  38. Rengga Fajar Dharmansyah24 April 2020 at 08:00

    Wow cantik sekali ikan wakanda ini

    ReplyDelete
  39. Indah dan lucu sekali ikanya sayangnya tidak ada di indonesia

    ReplyDelete
  40. albarfadhillah6 June 2020 at 11:02

    mirip sama ikan gapi tapi ini sedikit lebih besar

    ReplyDelete
  41. Sangat indah di pandang ikan ini,cuman sayang gak ada di indonesia

    ReplyDelete
  42. Ikan nya sangat cantik,tapi sayang gada di negara kita

    ReplyDelete
  43. Erika Puji Lestari6 June 2020 at 22:54

    Wah Ikan yang sangat cantik dan langka

    ReplyDelete
  44. Anbiya Nabila Yuda7 June 2020 at 01:17

    Sungguh ikan yang sangat unik dan langka

    ReplyDelete
  45. Ikan yang kecil tapi memiliki keistimewaan seperti warnanya yang indah.

    ReplyDelete
  46. Semoga makin banyak di temukannya sefesies² ikan langka ini karena sangat bagus dan unik

    ReplyDelete
  47. NANDANG PERNANDA7 June 2020 at 09:30

    Ikan ini mirip seperti ikan cupang

    ReplyDelete
  48. FARHAN MUCHAMAD FADILLAH7 June 2020 at 12:04

    Dunia memang penuh dengan misteri

    ReplyDelete
  49. ikan yang bagus dan memiliki warna yang menarik

    ReplyDelete
  50. Ikan yang sangat cantik dan indah di pandang.

    ReplyDelete
  51. Ikan nya sangat bagus pasti banyak disukai orang

    ReplyDelete
  52. Gila keren banget ikannya

    ReplyDelete
  53. Saya baru mendengar ikan ini dan sangat keren

    ReplyDelete
  54. Ikan nya cantik kalo di budidayakan di Indonesia boleh juga

    ReplyDelete
  55. setelah membaca artikel ini bisa menambah pengetahuan saya

    ReplyDelete
  56. albarfadhillah11 June 2020 at 11:11

    buat di aquascape bagus ya

    ReplyDelete
  57. albarfadhillah11 June 2020 at 11:14

    biyaya inpor nya berapa ya

    ReplyDelete
  58. albarfadhillah11 June 2020 at 11:19

    spesies ini baru saya ketahui di artilel ini

    ReplyDelete
  59. Sangat menarik sekali nama ikannya

    ReplyDelete