NASA Kenalkan 11 Calon Astronot yang Mungkin Pergi ke Mars

13 Calon Astronot NASA dan CSA yang Mungkin Pergi ke Mars Foto: NASA

Jakarta - NASA bermimpi untuk kembali ke Bulan pada tahun 2024 lewat program Artemis. Tapi program untuk mendaratkan astronot kembali ke permukaan Bulan ini hanya batu loncatan untuk impian NASA lainnya yaitu mendaratkan manusia ke Mars.

Badan antariksa AS ini juga sudah melakukan pelatihan selama dua tahun bagi calon astronot yang akan mengikuti program ini. NASA juga telah memilih 11 calon astronot dari batch pertama yang telah memenuhi syarat untuk penerbangan luar angkasa, termasuk penugasan ke International Space Station (ISS), misi Artemis ke Bulan dan tentu saja misi ke Mars.

Dilansir dari Mashable, Jumat (27/12/2019) ke-11 calon astronot ini akan lulus dari latihannya pada 10 Januari 2020. Calon astronot yang akan lulus ini terdiri dari 11 kandidat dari NASA dan dua kandidat dari Badan Antariksa Kanada (CSA).

Para calon astronot ini dipilih pada tahun 2017. Untuk kandidat dari NASA mereka merupakan 11 kandidat yang terpilih dari 18.000 pendaftar.

Lalu siapa saja calon-calon astronot tersebut? Mereka berasal dari berbagai latar belakang mulai dari ilmuwan di bidang biologi, aeronautik, hingga anggota militer.

Berikut nama 11 calon astronot NASA yang berpotensi mendarat di Bulan dan Mars:

1. Kayla Barron, letnan Angkatan Laut AS
2. Zena Cardman, ahli biologi
3. Raja Chari, kolonel Angkatan Udara AS
4. Matthew Dominick, letnan kolonel Angkatan Laut AS
5. Bob Hines, letnan kolonel Angkatan Udara AS
6. Warren Hoburg, ahli aeronautik dan astronautik
7. Jonny Kim, letnan Angkatan Laut AS
8. Jasmin Moghbeli, mayor Marinir AS
9. Loral O'Hara, ahli teknik antariksa
10. Frank Rubio, letnan kolonel Angkatan Darat AS
11. Jessica Watkins, ahli geologi dan teknik lingkungan

Sedangkan dua calon astronot CSA adalah Joshua Kutryk, letnan kolonel Angkatan Udara Kanada dan Jennifer Sidey-Gibbons, ahli teknik mesin.


Ke-11 calon astronot NASA ini telah menjalani sejumlah latihan seperti berjalan di luar angkasa (spacewalk), robotik, sistem ISS, keahlian pesawat jet T-38 dan bahasa Rusia.

Tugas mereka nantinya sebagai astronot terbilang beragam mulai membantu pengembangan kendaraan luar angkasa, mendukung tim yang saat ini berada di luar angkasa dan akhirnya bisa bergabung dalam kelompok berisi 500 orang yang mendapat kehormatan untuk pergi ke luar angkasa. 

45 Responses to "NASA Kenalkan 11 Calon Astronot yang Mungkin Pergi ke Mars"

  1. Ternyata untuk menjadi seorang astronot harus menjalani berbagai macam latihan dan juga harus memenuhi syarat yang diberikan oleh NASA.

    ReplyDelete
  2. Jika ingin menjadi seorang astronot kita harus siap fisik dan wajib memenuhi syarat NASA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sangat setuju dengan ini dan harus niat dari hati untuk menjadi astronot

      Delete
  3. jadi astronot tidak mudah, tentang syarat-syarat,atau dengan saingan yang cukup banyak. Tapi jika kita berusaha dan berdoa, pasti kita akan mendapatkan yang kita ingin kan.

    ReplyDelete
  4. Banyak orang mungkin ingin menjadi astronot tetapi tidak mudah karena banyak syarat dan banyak peminat

    ReplyDelete
  5. Jikalau kita ingin punya niat untuk menjadi astronot jadi kita harus punya tekad dan ilmu yang tinggi

    ReplyDelete
  6. Ternyata tidak mudah untuk menjadi astronot banyak sekali persyaratan yang harus kita siapkan jika kita tidak siap maka hasil pun tidak akan memuaskan.

    ReplyDelete
  7. Saya baru tau ternyata peminat yang ingin menjadi astronot sangat banyak walaupun syarat-syaratnya susah,dan pelatihannya juga yang sangat lama

    ReplyDelete
  8. Menjadi astronot tidak mudah, membutuhkan ilmu yang tinggi dan pengalaman yang luas

    ReplyDelete
  9. Wah... Orang orang yang sangat beruntung bisa pergi ke Mars. Penasaran sama gimana mereka akan menjalani hidup selama di mars.

    ReplyDelete
  10. Kecanggihan dan perkembangan teknologi di zaman ini berkembang sangat pesat, sehingga ada astronot yang pergi ke planet Mars, tak lain untuk memenuhi tugas yang harus dilaksanakan. Semoga sukses selalu dan membuahkan hasil yang memuaskan.

    ReplyDelete
  11. Jadi pengen ikutan ke mars

    ReplyDelete
  12. Wah menjadi calon astronot ternyata harus melewati latihan dan segala test lainnya ternyata, aku mau jadi calon kamu aja melewati semuanya bersamamu.

    ReplyDelete
  13. Kayak nya happy banget deh kalo berpetualangan ke planet:(

    ReplyDelete
  14. Beruntung sekali mereka menjadi salah satu kandidat dari 18.000 orang untuk pergi keluar angkasa

    ReplyDelete
  15. Menajadi astronot tidak lah mudah kita harus mengikuti pelatihan terlebih dahulu dan Menguasai ilmu² tentang luar angkasa.

    ReplyDelete
  16. Ternyataamenjadi astronot harus melakukan tes dan berbagai macam pelatihan terlebih dahulu,jtidak bisa sembarangan orang bisa menjadi astronot

    ReplyDelete
  17. Saya kira menjadi astronot tidak akan banyak syarat, ternyata ada beberapa syarat yang harus di penuhi

    ReplyDelete
  18. Ternyata banyak juga orang yang ingin menjadi astronot

    ReplyDelete
  19. Ternyata menjadi astronot tidak semudah yang di bayangkan.

    ReplyDelete
  20. Orang orang diatas adalah orang orang yang terpilih menjadi astronot

    ReplyDelete
  21. Banyak juga orang yang ingin menjadi astronot tetapi tidak mudah untuk menjadi astronot semoga mereka bisa menjadi motivasi untuk kita bisa menjadi seperti mereka

    ReplyDelete
  22. Ternyata tidak mudah untuk menjadi astronot , jadi jika ingin menji astronot kita harus betul betul serius dalam mengikuti tes menjadi astronot

    ReplyDelete
  23. Ternyata jadi seorang astronot tidaklah mudah, banyak rintangan yang harus dilewati. Dan sangatlah beruntung sebelas orang itu terpilih menjadi calon astronot.

    ReplyDelete
  24. Aji Syekh Jabar Perdana14 April 2020 at 18:53

    Yang cita citanya ingin menjadi astronot maka persiapkanlah fisik mental maupun materinya.

    ReplyDelete
  25. Wah hebat ternyata menjadi astronot itu banyak juga peminat nya

    ReplyDelete
  26. Dengan Tekad dan Kesungguhan yang kuat kita juga bisa seperti mereka,dan jangan lupa berdo'a!

    ReplyDelete
  27. Banyak sekali yang ingin menjadi astronot jadi kalian yang cita citanya jadi astronot kalian harus berusaha dan memepersiapkan dari sekarang

    ReplyDelete
  28. Untuk menajdi astrontok kita perlu latihan khusus

    ReplyDelete
  29. Enak banget jadi astronot bisa jalan jalan, tidak mudah sih kita juga hrs banyak belajar dan jangan lupa berdoa

    ReplyDelete
  30. Saya baru tau nama nama calon astronot NASA yang mendarat di Bulan dan Mars.

    ReplyDelete
  31. Untuk menjadi seorang astronot tidaklah mudah karena harus mengikuti latihan yang diberikan oleh NASA

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. ternyata menjadi astronot tidak semudah yang saya banyakan

    ReplyDelete
  34. Menjdi seorang astronot memang orang yang sangat beruntung bisa pergi Ke bulan Dan mars,tetapi menjdi seorang astronot itu tidak mudah semua orang bisa lolos ikut pelatihan , dan persyaratan lainnya.Selamat kepada 11 astronot yang sudah lulus perjuangan kalian sangat hebat.

    ReplyDelete
  35. Ternyata menjadi astronot tidak semudah yang di bayangkan harus memenuhi berbagai syarat dan pelatihan

    ReplyDelete
  36. Ternyata menjadi astronot itu tidak mudah

    ReplyDelete
  37. 11 org calon astronot itu sangat hebat

    ReplyDelete
  38. Pengen jadi astronot,tapi kayanya gak bakalan bisa dah

    ReplyDelete
  39. Tidak seperti yang telah dibayangkan, ternyata susah untuk menjadi angkasawan

    ReplyDelete
  40. Ternyata jadi seorang angkasawan tantangan rintangan dan gangguan pasti terus dihadapi

    ReplyDelete
  41. Ternyata syarat untuk menjadi seorang astronot sangat banyak ya

    ReplyDelete
  42. Semoga berhasil untuk tim nasa dan semoga selamat sampai tujuan

    ReplyDelete
  43. Para astronot itu sangat hebat tidak takut dengan tantangan ataupun rintangan yang akn dihadapi nya

    ReplyDelete