NETIKET (Etika Berinternet)




Netiket atau Netiquette adalah etika dalam berkomunikasi menggunakan internet. Meski bersifat publik, ada adab, sopan santun, dan tata krama saat berselancar di dunia maya.

17 Netiket Instagram:

1. Cantumkan Sumber 
Selain menjaga atau melindungi konten orisinil (keaslian konten), juga menghindari Plagiarisme dan Hoax pada suatu berita. Namun, itu tak perlu jika itu hak atau karya anda. 

2. Jangan Membawa SARA 
Pikirkan perasaan orang lain, hindari melukai perasaan antar Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan. 

3. Gunakan Bahasa Yang Baik, Benar, Dan Tepat 
Jika maksud dan tujuanmu sudah jelas, jangan mencari plesetan lain yang menyebabkan publik salah paham.
  
4. Jangan Sembarangan Tag 
Tidak semua orang ingin menjadi bagian dari percakapan, pilihlah mana yang menurutmu tepat dan jangan memprovokasi. 

5. Jangan Membahas Masalah Pribadi Ke Publik 
Selain mendefinisikan kepribadianmu, bersikap bijak dan dewasa di media sosial memang sangat diperlukan. 

6. Gunakan Kalimat Seperlunya 
Hindari penggunaan kalimat-kalimat yang menyebabkan pembaca kebingungan memahaminya. 

7. Perhatikan Penggunaan Huruf Kapital 
Hati-hati dan bijaksana dalam penggunaan huruf kapital jika tidak perlu, karena dapat menandakan emosi, marah, atau berteriak.

8. Jangan Menggunakan Tanda Baca Atau Huruf Secara Berlebihan 

9. Usahakan Hindari Typo 
Penulisan yang salah berpotensi menjadi polemik, perbaiki jika ditemukan. 

10. Hindari Penggunaan Watermark Secara Berlebihan 
Orang lain dapat terganggu dan malas untuk melihat konten anda. 

11. Jangan Membuang Atau Memotong Watermark 
Watermark dibuat untuk melindungi hak kepemilikan si pembuat konten dan menjaga keaslian konten. 

12. Review Setelah Posting 
Lihat kembali postingan atau komentar anda, agar dengan cepat untuk memperbaikinya jika ada kekeliruan atau kesalahan. 

13. Berpikir Sebelum Berkomentar 

14.Saring Sebelum Sharing
Jangan langsung percaya, cari tahu terlebih dahulu kebenaran dan sumbernya sebelum menyebarkan ke publik. 

15. Jangan Mengharap Fast Response 
Tidak semua pengguna internet merupakan online shop, ketika pesan online-mu tidak langsung dibalas oleh lawan bicara, hindari sikap paranoia seperti: Apakah dia mengabaikan saya, apakah mereka membenci saya? 
Bagaimanapun mereka memiliki kehidupan di dunia nyata. 

16. Gunakan Fitur Blokir 
Jika anda tidak menyukai akun tertentu, jangan membuang waktu anda untuk menggugat, fitur Blokir dibuat untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna. 

17. Jangan Gunakan Sembarang Lagu 
Tidak semua lagu favoritmu dapat kamu gunakan untuk keperluan sesuka hati tanpa lisensi, kebanyakan dari mereka dilindungi Hak Cipta / Copyright ©, bukan hanya lagu, berlaku juga untuk segala jenis karya seni lainnya.

Netiket sangat berkaitan dengan Undang-undang ITE, Plt. Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Slamet Santoso, mengatakan sebelum bermedia sosial, pengguna harus mengetahui aturan yang berlaku yakni UU No.19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

"Ada empat pasal yang mengatur etika bermedia sosial, pasal 27 sampai pasal 30 UU ITE," ujar Slamet, dalam seminar "Cerdas Ber-Media Sosial" di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, seperti dilansir Antara di Jakarta, Rabu (17/10).

Pasal 27:
1. Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.

2. Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan perjudian.

3. Setiap Orang dengan sengaja, dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.

4. Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan pemerasan dan/atau pengancaman.

Pasal 28:

1. Setiap Orang dengan sengaja, dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik.

2. Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA).

Pasal 29:

Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti yang ditujukan secara pribadi.

Pasal 30:

1. Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses Komputer dan/atau Sistem Elektronik milik Orang lain dengan cara apapun.

2. Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses Komputer dan/atau Sistem Elektronik dengan cara apapun dengan tujuan untuk memperoleh Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik.

Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses Komputer dan/atau Sistem Elektronik dengan cara apapun dengan melanggar, menerobos, melampaui, atau menjebol sistem pengamanan.

Kebanyakan Netiket yang sering digunakan mengacu pada standar Netiket yang ditetapkan oleh IETF (The Internet Engineering Tasking Force), yaitu suatu komunitas masyarakat internasional yang terdiri dari para perancang jaringan, operator, penjual dan peneliti yang terkait dengan evolusi arsitektur dan pengoperasian internet.

Netiket secara keseluruhan dapat dilihat dari beberapa sumber:



113 Responses to "NETIKET (Etika Berinternet)"

  1. Wahhh adanya edukasi dari smk karnas kuningan,tentang etika berinternet (netiket). Saya jadi bisa memahami dan bisa menggunakan internet dengan baik,benar dan sopan.

    ReplyDelete
  2. Sangat membantu sekali,anak anak /anak muda direkomendasi kan untuk membaca artikel ini. Supaya tahu etika ber internet

    ReplyDelete
  3. Terima kasih karnastv.com, ini sangat membantu sekali bagi saya supaya tahu etika ber internet yang baik itu bagaimana.

    ReplyDelete
  4. Sangat berguna bagi anak muda di jaman sekarang, supaya dapat mengetahui tentang etika berinternet dengan baik, supaya tidak merugikan orang lain.

    ReplyDelete
  5. Terimakasih untuk karnastv, adanya NETIKET kami jadi tau bagaimana cara menggunakan internet yang benar, tidak sembarangan berkomentar. Tau sopan santun, meskipun ini bersifat publik.

    ReplyDelete
  6. Setelah saya membaca artikel ini saya bisa jadi lebih berhati hati ketika beretika di internet.

    ReplyDelete
  7. Informasi ini sangat berguna karena kita bisa tau etika dalam berinternet apalagi sekarang udah zaman teknologi jadi bisa mengatur etika dalam berinternet.

    ReplyDelete
  8. Menurut saya artikel ini sangat berguna karena sangat penting bagi pengguna baru supaya lebih baik lagi dalam beretika dalam internet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah jadi artikel ini bisa membantu apalagi sekarang banyak anak anak kecil yang sudah megang hp androi

      Delete
  9. Ternyaka dalam berinternet juga ada etika nyah jangan asalah asalan karena mempunyai hukuman nyah, banyak orang yang tidak tau tetang berinternet atu menggunakan sosial media yg baik dan benar, sangat bagus untuk pengetahun nyah netiken inih jadi kita tau bagai mana cara berintrnet yang baik. Contoh berinternet yg baik di sosial media ig *cantumkan sumber*jangan membawa SARAG *gunakan bahasa yang baik, benar dan tepat*jangan sembarangan tag*jangan membehas masalah pribadi kepublik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus tetap beretika ketika kita menggunakan internet

      Delete
  10. Kita harus memiliki etika dalam berinternet

    ReplyDelete
  11. Artikel ini bisa membuat kita tahu bagaimana etika saat berinternet dan menambah wawasan

    ReplyDelete
  12. Saya bangga dengan KARNASTV,bisa berbagi wawasan tentang etika berinternet dengan artikel ini saya jadi tau ketika berinternet.👍

    ReplyDelete
  13. FAJRI DWI PUTRA14 April 2020 at 14:29

    Sangat bermanfaat dengan ini kita jadi tau tatacara berinternet dengan baik dan postif

    ReplyDelete
  14. Jadi saya tau teryata berinternet pun ada etikanya dan sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  15. Salman Alfarizi14 April 2020 at 14:41

    Bagus, artikel ini memberi tahu kita bahwa berinternet tidak boleh sembarangan

    ReplyDelete
  16. Ternyata bukan hanya didunia nyata,bahkan di sosial media juga kita harus beretika.Pembelajaran yang sangat baik,setelah membaca ini saya jadi tau bagaimana cara ber sosial media yang baik.Patut diterapkan ya👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam berinteraksi di internet harus tetap berhati-hati karena di internet terdapat etika juga

      Delete
  17. Setelah saya membaca artikel ini saya lebih mengerti beretika ketika bersosial media sebelum nya saya tidak mengerti etika bermedia sosial ternyata banyak aturan aturan nya ya seperti jangan tag sembarangan dan masih banyak lagi..sekarang sudah zaman canggih jadi kita harus lebih mengerti bagaimana cara kita bermedia sosial yang benar dan sopan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artikel ini juga membantu kita untuk lebih beretika ketika menggunakan internet, tetap berhati-hati dalam menggunakan internet tersebut

      Delete
  18. Setelah saya membaca artikel ini saya lebih mengerti beretika ketika bersosial media sebelum nya saya tidak mengerti etika bermedia sosial ternyata banyak aturan aturan nya ya seperti jangan tag sembarangan dan masih banyak lagi..sekarang sudah zaman canggih jadi kita harus lebih mengerti bagaimana cara kita bermedia sosial yang benar dan sopan.

    ReplyDelete
  19. Nah ini yang harus kita ketuhai tentang Etika Berinternet.Karna dizaman sekarang banyak sekali yang bersangkutan dengan internet.Supaya kita semua tidak salah menggunkan internet dan tidak sembarangan

    ReplyDelete
  20. Bermanfaat sekali, Kita sebagai kaum milenial harus bijak dalam menggunakan internet, sebar yg bermanfaat jgn menyebar hoax dan kebencian

    ReplyDelete
  21. Setelah saya membaca ini, saya menjadi tau bagaimana tatakrama dan menggunakan internet dengan bijak

    ReplyDelete
  22. Di era sekarang banyak sudah banyak sekali ibu ibu dan bapak yang memasuki media social apalagi Facebook. Saya kira artikel ini harus di baca oleh mereka juga. Karena ini adalah masalah yang penting.

    ReplyDelete
  23. Tapi kenyataannya banyak sekali orang-orang yang tidak menggunakan netiket, entah mereka tidak tahu atau tidak mau tahu.

    ReplyDelete
  24. Kita harus tau etika berinternet di media sosial apalagi kondisi pandemik saat ini banyak berita yang belum tentu benar jadi kita harus pintar dalam memilih berita yang benar dan hoax

    ReplyDelete
  25. Artikel ini wajib dibaca tidak hanya untuk siswa SMK Karnas, semua orang perlu membacanya. Agar kita semua menjadi lebih baik pada saat menggunakan media sosial .

    ReplyDelete
  26. Artikel ini bisa membantu orang-orang untuk lebih memperhatikan etika ketika berinternet karena media sosial ini di akses oleh seluruh dunia jadi etika berinternet itu sangat penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kita harus beretika dalam menggunakan internet

      Delete
    2. Tetap berhati-hati tentunya ketika menggunakan internet ini

      Delete
  27. DIHAN MUHAMMAD RAIHAN14 April 2020 at 15:51

    Menggunakan internet juga ada etikanya. Menggunakan internet diperlukan aturan yang menjadi acuan bagi penggunanya. Dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara terbaik dalam memanfaatkan fasilitas internet.

    ReplyDelete
  28. Artikel ini sangat membantu kita pada saat menggunakan internet yang baik dan benar

    ReplyDelete
  29. Ternyata bermain media sosial juga ada adab,sopan santun,dan tata krama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu saja karena tanpa sopan santun kita akan terkena imbasnya

      Delete
  30. Bagus sekali setelah membaca artikel ini kita jadi tau peraturan ketika bermain media sosial

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa benar kita harus lebih beretika dalam menggunakan internet ini kapanpun dan dimanapun

      Delete
  31. Dalam berinternet juga kita harus etika

    ReplyDelete
  32. Dengan membaca artikel ini kita banyak belajar menggunakan internet dengan baik

    ReplyDelete
  33. Ternyata berinternet juga memiliki etika,tapi mengapa kebanyakan orang tidak memperhatikan etika tersebut?

    ReplyDelete
  34. Saya baru tau berinternet juga harus mempunyai etika agar tidak terjadi kesalahan

    ReplyDelete
  35. Ini sangat membantu saya untuk selalu beretika baik dan benar dalam berinternet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artikel ini sangat membantu tentunya agar para pengguna internet dapat lebih berhati-hati lagi

      Delete
  36. Setelah membaca artikel ini saya menjadi lebih berhati hati lagi dalam menggunakan internet dan tidak sembarangan karena sudah ada etika nya

    ReplyDelete
  37. Ini hanya sebagian contoh kecil beberapa korban penggunaan internet yang kurang mengetahui tentang etiks dalam berselancar di dunia maya.

    ReplyDelete
  38. Aji Syekh Jabar Perdana14 April 2020 at 18:47

    Didalam menggunakan internet juga membutuhkan etika,etika diinternet pun ada undang undang nya.jadi kita harus berhati-hati dalam menggunakan internet.

    ReplyDelete
  39. Etika di internet memang sangat di perlukan supaya tidak menimbulkan konflik.

    ReplyDelete
  40. Lakukanlah internet dengan sewajarnya, jangan ketergantungan pada internet

    ReplyDelete
  41. Jadi setelah adanya netiket saya menjadi lebih paham apa itu netiket untuk bersosial media apalagi di zaman sekarang masih kecil pun sudah tau media sosial.

    ReplyDelete
  42. Berinternet juga harus mempunya etika supaya kita melakukan nya dengan baik dan positif

    ReplyDelete
  43. Ini yang harus kita perhatikan bermain media sosial juga memiliki etika dan sopan santun,bukan hanya itu sajah di media sosial juga terdapat pasal-pasal yang harus kita Keyshia, jdi bukan di kehidupan nyata sajah yang memiliki Erika Dan sopan santun ,juga memiliki pasal-pasal.Memang ini snagat bermanfaat Dan untuk menambah wawasan .terimaksih karnastv

    ReplyDelete
  44. Internet juga memiliki Erika dan sopan santun,selain itu memikiki pasal-pasal,yang harus kita ketahui jadi berhati hati lah meggunakan media sosial.Karena bukan Di kedupan Nyaataa sajah yang memiliki etika dan sopan santun .Ini bagi saya sangat bermanfaat .Terimakasih Karnastv

    ReplyDelete
  45. Ini yang seharusnya diketahui oleh semua orang, bahwa menggunakan internet juga harus mempunyai etika begitupun dalam kehidupan sehari-hari

    ReplyDelete
  46. artikel ini sangat bermaanfaat untuk lebih berhati hati ketika bermain di dunia maya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar, apalagi masalah sopan santun itu penting pada siapapun, dan dimana pun.

      Delete
  47. Belajar internet memang menyenangkan tetapi dalam sebuah internet juga memiliki etika agar kita lebih berhati-hati dalam menggunakannya

    ReplyDelete
  48. Menggunakan Etika Internet harus
    pilih kata yang sopan & Jangan menggunakan kata hinaan/ejekan agar tidak ada pihak yang tersinggung atau merasa dirugikan.

    ReplyDelete
  49. Menggunakan Etika Internet pilih kata yang sopan & Jangan menggunakan kata hinaan/ejekan agar tidak ada pihak yang tersinggung merasa dirugikan.

    ReplyDelete
  50. Etika internet berhati-hati dalam percakapan nya.

    ReplyDelete
  51. Etika internet saling menghubungkan harus bahasa yang sopan

    ReplyDelete
  52. Bagus jiga ditegaskan adanya pasal etika berinternet

    ReplyDelete
  53. ya intinya sih,bijaklah dalam bersosial media

    ReplyDelete
  54. Sangat bermanfaat sekali adanya netiket karena bisa mengetahui etika apa saja yang harus dicontoh dan tidak dicontoh

    ReplyDelete
  55. Ada nya netiket kita harus bisa beretika dalam menggunakan internet harus berbahasa yang sopan dan santun

    ReplyDelete
  56. Oh ternyata ber internet juga harus punya etika

    ReplyDelete
  57. Artikel ini sangat bagus dan mengajarkan kita bahwa beretika itu sangat penting maupun di sosial media maupun kehidupan nyata

    ReplyDelete
  58. Artikel ini sangat bagus dan mengajarkan kita bahwa beretika itu sangat penting maupun di sosial media maupun kehidupan nyata

    ReplyDelete
  59. Informasi ini sangatlah penting, berinternet juga harus pake etika yang sopan dan tidak menyinggung para pengguna sosial media

    ReplyDelete
  60. Rengga Fajar Dharmansyah24 April 2020 at 05:01

    Berkat artikel ini saya jadi tahu apa saja yang termasuk netiket instagram

    ReplyDelete
  61. Kita tidak boleh sembrono atau berkata kasar dan menyinggung orang lain karena sekarang ada hukumnya

    ReplyDelete
  62. Info ini sangat penting jadi kita harus berhati hati untuk tidak berkata kasar dan meyinggung orang lain karena sekarang jamanya hukum

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi masalah sopan santun itu penting pada siapapun

      Delete
    2. Nandang pernanda8 June 2020 at 21:01

      Penting sekali karna dapat memperpanjang masalah

      Delete
  63. Info ini sangat bermanfaat agar kita selalu berhati hati dalam berbicara baik di lingkungan ataupun di sosial media

    ReplyDelete
  64. Dengan adanya artikel ini kita bisa tau bahwa kita harus beretika baik dalam menggunakan internet

    ReplyDelete
  65. Saya jadi bisa memahami dan bisa menggunakan internet dengan baik,benar dan sopan.

    ReplyDelete
  66. Anbiya Nabila Yuda6 June 2020 at 17:36

    Artikel ini sangat bermanfaat bagi para pengguna internet karena kita harus benar-benat dan berkelakuan baik dalam menggunakan internet

    ReplyDelete
  67. Erika Puji Lestari6 June 2020 at 18:07

    Terima kasih KarnasTV,ini sangat bermanfaat untuk semua orang agar menggunakan internet dengan baik dan sopan.

    ReplyDelete
  68. informasi ini sangat bermanfaat bagi para pengguna bisa memahami penggunaan internet dengan baik

    ReplyDelete
  69. Artikel ini sangat bermanfaat bagi para pengguna internet dan harus disebarluaskan

    ReplyDelete
  70. Dani Aprilianto7 June 2020 at 11:31

    Sangat bermanfaat sekali bagi pengguna internet untuk menjaga sopan santun untuk beretika

    ReplyDelete
  71. FARHAN MUCHAMAD FADILLAH7 June 2020 at 11:40

    Saat Beretika berinternet Gunakan Bahasa Yang Baik,Benar,Dan Tepat

    ReplyDelete
  72. Sangat bermanfaat bagi para pengguna internet

    ReplyDelete
  73. Sungguh baik dan bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  74. Dan juga dimanfaatkan dengan baik

    ReplyDelete
  75. Memang penting etika dalam internet, dalam bahasa, komentar kita harus cerna dengan baik!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nandang pernanda8 June 2020 at 20:58

      Komentar yang baik dan sopan

      Delete
  76. Dalam berinternetpun harus beretika

    ReplyDelete
  77. Setelah membaca artikel ini saya bisa tau bahwa internet perlu di gunakkan dengan baik dan tidak untuk merugikan orang lain

    ReplyDelete
  78. Artikel yang sangat bermanfaat. Memberitahu bahwa beretika itu sangat penting

    ReplyDelete
  79. Ternyata berinternet juga memiliki etika

    ReplyDelete
  80. Semoga tidak ada kasus bullying di sosmed

    ReplyDelete
  81. Kita harus beretika di sosmed maupum dimana saja jika kita ingin di hargai

    ReplyDelete
  82. Sekarang saya jadi tau etika berinternet

    ReplyDelete
  83. Etika berinternet sangat lah penting bagi kita semua,apalagi sekarang ada UUD nya bisa di lanjut ke jalur hukum jika tidak mempunyai etika berinternet

    ReplyDelete
  84. Tidak hanya di internet di dalam kehidupan sehari-hari kita harus beretika.

    ReplyDelete
  85. Dimanapun kita berada,kita harus beretika,karena ada hukum jika tidak beretika

    ReplyDelete
  86. artiker ini sangat memberi tahu kita agar berhati2 saat bermaen internet

    ReplyDelete
  87. dimana pun kita berada, harus tetap beradab.

    ReplyDelete
  88. Setelah saya membaca artikel ini saya bisa jadi lebih berhati hati ketika beretika di internet

    ReplyDelete
  89. Informasi ini sangat membantu bagi orang yang minim berinternet

    ReplyDelete