Cara Ubah SMS Jadi Pesan Seperti WhatsApp, Tanpa Potong Pulsa

Google Message di Android sekarang memiliki fitur seperti WhatsApp yang menggunakan jaringan internet, jadi tak memotong pulsa.

Jakarta - Pengguna Google Message di Android kini bisa mengubah SMS serupa dengan WhatsApp. Fitur Rich Communication Services (RCS) ini bisa membuat SMS memiliki fitur serupa WhatsApp.

Fitur ini membuat aplikasi Message buatan Google bisa mengirimkan chat, gambar hingga video tanpa harus memotong pulsa. Semua pengiriman media tersebut membutuhkan jaringan internet.

Akan tetapi patut diingat bahwa penerima pesan harus mengaktifkan fitur RCS di ponsel Androidnya. Apabila tidak, maka pesan yang dikirimkan akan memotong pulsa pengirim.

Harus diingat pula bahwa pengguna Android terkadang harus mengunduh aplikasi Message buatan Android. Sebab biasanya beberapa vendor, seperti Samsung dan Xiaomi, memiliki aplikasi Message bawaan.

Google Android memiliki ikon balon chat dengan latar belakang berwarna biru.

Cara aktifkan RCS

Cara mengaktifkannya cukup mudah, pengguna buka Message kemudian pilih ikon tiga titik di pojok kanan atas layar.

Kemudian pengguna pilih 'Setting', pilih 'General', kemudian pilih, 'Chat features'. Di 'Chat features' pengguna bisa mengaktifkan pilihan 'Enable chat' features'.

Pengguna kemudian diminta memasukkan nomor ponsel. Selanjutnya pengguna akan menerima notifikasi 'Status Connected' yang menandakan SMS tak akan lagi memotong pulsa.

Bagi kamu yang sudah terlanjur menggunakan aplikasi SMS bawaan ponsel, pengguna bisa ubah default aplikasi dengan cara berikut. Buka 'Settings', kemudian pilih 'App and Notification'.

Selanjutnya pilih 'Default App', pilih 'SMS', kemudian ubah pilihan ke aplikasi 'Messages'.

Dilansir dari Digital Trend, RCS hanya bisa diaktifkan apabila operator seluler telah mendukung RCS tersebut.

Dilansir dari Pocket Lint, Apple belum mendukung RCS. Raksasa teknologi asal Cupertino ini belum mengatakan apakah pada akhirnya akan mendukung protokol tersebut atau tidak.

Jika Apple tidak mengadopsi RCS, maka banyak pengguna smartphone kemungkinan masih akan mengandalkan aplikasi seperti WhatsApp dan Facebook Messenger untuk mengirim pesan maupun multimedia ke sesama pengguna iOS maupun Android.

Rich Communication Services (RCS) adalah protokol yang pada akhirnya akan menggantikan SMS. RCS dibentuk oleh sekelompok promotor industri pada 2007 yang kemudian dibawa ke Asosiasi GSM.

Sayangnya RCS bisa disebut hanya mendekam selama satu dekade tanpa ada pengembangan apa pun. Pada 2018, Google menjadi perusahaan yang mengembangkan RCS.

0 Response to "Cara Ubah SMS Jadi Pesan Seperti WhatsApp, Tanpa Potong Pulsa"

Post a comment