Telegram Rilis Fitur Baru, Bisa Jadi Admin Grup Anonim

Telegram

Jakarta - Telegram merilis sejumlah fitur baru di update software terbarunya. Fungsi terbarunya antara lain search filter, channel comments, dan bisa jadi admin grup secara anonim.

Disebutkan Telegram, mereka fokus membuat grup chat lebih interaktif dan aman dibandingkan sebelumnya, serta memungkinkan para admin grup atau channel lebih mudah mengelola konten yang dibagikan.

Search Filter diperkenalkan Telegram untuk memudahkan pengguna mencari pesan spesifik yang pernah dibagikan. Pesan ini akan dibagi menjadi enam tab berbeda yaitu Chats, Media, Links, Files, Music dan Voice Messages.

"Pengguna bisa mencari pesan spesifik berdasarkan jenis file, waktu, dan kontak atau grup yang mengirimkannya. Aplikasi akan memfilter sumber pesan," kata Telegram seperti dikutip dari Economic Times.

Di update ini, Telegram juga meluncurkan fitur bernama channel comments, dengan menambahkan tombol komen untuk pengguna memposting di channel yang punya diskusi grup.

Komentar ini hanya bisa dipakai untuk channel yang punya diskusi grup terkoneksi di dalam channel. Nantinya pengguna akan diarahkan ke grup terpisah di mana mereka bisa membalas komentar dari teman-teman mereka.

Telegram juga punya fitur yang disebut Anonymous Group Admins. Fitur ini akan membuat identitas admin grup anonim, dan semua pesan yang dikirim oleh admin di dalam grup hanya akan dilabeli atas nama grup chat tersebut. Sebenarnya fitur ini udah dipakai di Telegram Channels. Namun sekarang ketersediaanya diperluas ke grup chat.

Tambahan lainnya, Telegram juga menambahkan emoji bergerak yang bisa dibagikan pengguna ke teman-teman mereka, serta keyboard yang dapat diubah tema berdasarkan waktu, siang, dan malam. 

0 Response to "Telegram Rilis Fitur Baru, Bisa Jadi Admin Grup Anonim"

Post a comment