YouTube 4K Akhirnya Ada di Apple TV, iPhone, dan iPad

The 5th-gen Apple TV finally does 4K, and supports HDR10 and Dolby Vision -  HardwareZone.com.sg

Jakarta - Selama beberapa tahun belakangan, ada satu fitur YouTube yang tak ada di Apple TV, iPhone, dan iPad. Yaitu video dengan resolusi 4K, namun kini akhirnya fitur tersebut bisa dinikmati di perangkat-perangkat tersebut.

Hal ini sebenarnya cukup ironis, karena perangkat seperti Apple TV, iPhone, dan iPad dijual dengan harga yang relatif mahal, di sisi lain, perangkat dengan harga jauh lebih murah -- biasanya Android -- bisa dengan mudah memutar video 4K di YouTube.

Meski kini sudah bisa memutar video 4K, masih ada batasan untuk video 4K yang bisa diputar. Yaitu Apple TV hanya bisa memutar video 4K dengan frame rate 30fps, bukan 60fps ataupun dengan dukungan high dynamic range (HDR).

Ya, Apple TV masih terbatas pada video YouTube dengan resolusi 4K 30fps SDR, demikian dikutip dari The Verge, Senin (5/10/2020).

Untungnya, iPhone dan iPad sudah mendukung video YouTube 4K 60fps HDR, dengan catatan perangkat tersebut sudah menjalankan iOS 14. Untuk mengeceknya tentu dengan membuka aplikasi YouTube, memutar video, dan mengklik tombol tiga titik yang ada di bagian kanan atas untuk mengatur resolusi video, yaitu 2160p untuk 4K.

Namun tetap saja, dengan banyaknya TV yang sudah mendukung resolusi 4K dengan HDR, sangat disayangkan bahwa Apple TV belum bisa memutar video seperti itu. Padahal, perbedaan 30fps dengan 60fps, atau SDR versus HDR, lebih terasa jika menggunakan TV yang layarnya lebih besar ketimbang iPhone ataupun iPad.

Tak diketahui kenapa Apple TV belum bisa memutar video seperti ini. Baik Apple maupun Google -- pemilik YouTube -- belum mengeluarkan komentarnya.

Atau bisa saja Apple menahan fitur ini untuk Apple TV model selanjutnya, karena model terakhirnya sudah berusia tiga tahun, dan rumor kehadiran Apple TV baru setidaknya sudah berkembang sejak setahun ke belakang.

2 Responses to "YouTube 4K Akhirnya Ada di Apple TV, iPhone, dan iPad"