Pertama Kalinya Ada Rekonstruksi Sempurna Otak Dinosarus

Dinosaurus.

Jakarta - Meskipun kerangka otak yang berumur ribuan tahun terkadang masih ditemukan, kecil sekali kemungkinan apapun akan tersisa bagian dari otak dinosaurus berusia 233 juta tahun. Tapi namanya juga sains, hampir semua permasalahan bisa dipecahkan.
Ada sebuah otak lengkap pertama dinosaurus yang berhasil direkonstruksi. Otak tersebut milik Buriolestes schultzi, salah satu dinosaurus tertua yang diketahui. Tengkorak dinosaurus yang diawetkan dengan cukup baik memberikan sedikit petunjuk tentang otak dinosaurus.

Ialah para ahli paleontologi yang menjelajahi di Brasil, mereka berhasil menggali tulang belulang dengan rongga tengkorak utuh, yang memungkinkan mereka merekonstruksi seluruh otak secara digital.

Ahli paleontologi Rodrigo Müller yang memimpin penelitian yang baru-baru ini diterbitkan dalam The Journal of Anatomy mengatakan kepada SYFY WIRE bahwa otak tersebut akan digunakan sekarang sebagai 'titik awal studi evolusi otak dinosaurus'.
 
Untuk mengetahui apa yang terjadi di dalam otak dinosaurus ini, Müller dan timnya melakukan pemindaian mikro-CT terhadap fosil tersebut untuk mendapatkan gambaran tentang morfologi rongga tengkorak B. schultzi. Konturnya memberi kesan tentang bentuk dan ukuran bagian yang berbeda.

Mereka juga menggunakan informasi tersebut untuk membuat endocast, atau cetakan dari rongga tengkorak, yang dapat mereka tangani untuk dipelajari lebih lanjut sehingga tengkorak yang ditemukan tak perlu ditakutkan rusak.

"Proses ini menghasilkan 3498 irisan. Kami menganalisis irisan-irisan ini dan mengisi secara digital ruang tempat otak seharusnya beristirahat. Jadi, (kami) menggabungkan wilayah terisi dari irisan-irisan tersebut dan menciptakan model 3D otak," kata Müller.

6 Responses to "Pertama Kalinya Ada Rekonstruksi Sempurna Otak Dinosarus"