Nadiem Target Semua Sekolah Sudah Tatap Muka Minggu Ketiga Juli

Nadiem Sebut Kuota Internet Belajar Berlanjut dan Dana BOS Majemuk Lebih Afirmatif

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menargetkan semua sekolah sudah melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka mulai Juli 2021. Sebelumnya, vaksinasi Covid-19 bagi lima juta pendidik dan tenaga pendidik akan berusaha diselesaikan hingga akhir Juni.

“Sehingga, target kami, pada tahun ajaran baru 2021/2022 atau pada minggu kedua dan ketiga Juli pembelajaran dapat dilakukan secara tatap muka,” ujar dia dalam dialog 'Mendedar Kuota Belajar' di Jakarta, Rabu 3 Maret 2021.

Pembelajaran tatap muka dilakukan dengan sistem rotasi antara jumlah siswa yang datang ke sekolah dan yang jarak jauh atau pembelajaran daring. Pembelajaran tatap muka di sekolah bakal dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Nadiem juga mengatakan, pada tahun ini kementerian masih menerapkan fleksibilitas pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah atau BOS. Ini, kata dia menambahkan, dapat digunakan untuk mempersiapkan pembelajaran tatap muka.

“Sekarang harus sudah dimulai, ketika vaksinasi sudah bergulir pasti sekolah didorong untuk membuka sekolah,” kata mendikbud yang juga eks bos Gojek itu.

Terpisah, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar menyayangkan satu sekolah di kota itu yang diketahui telah menggelar kembali pembelajaran tatap muka di sekolah. Padahal kondisi saat ini, menurut IDI Makassar, belum memungkinkan dan berpotensi memunculkan klaster baru.

Acuan IDI adalah positivity rate di wilayah setempat maupun nasional yang dianggap masih sangat tinggi. Angkanya sebesar 19 persen, bandingkan dengan 5 persen yang direkomendasikan Badan Kesehatan Dunia WHO.

"Kami memahami kekhawatiran dan kerinduan baik anak didik maupun tenaga pendidiknya yang ingin melaksanakan proses pendidikan secara terbuka, tetapi kondisi yang membuat untuk tetap bertahan sementara," kata Ketua IDI Kota Makassar, Siswanto Wahab.

Adapun kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim sejak awal tahun ajaran baru lalu adalah mendorong daerah-daerah untuk membuka kembali sekolah-sekolah. Syaratnya, pemberlakuan protokol kesehatan ketat serta siap ditutup kembali jika terjadi kasus positif Covid-19, selain mendapat izin dari orang tua murid.

4 Responses to "Nadiem Target Semua Sekolah Sudah Tatap Muka Minggu Ketiga Juli"

  1. Bagus supaya giat belajar membuta kita menjadi pintar

    ReplyDelete
  2. bagussss, memang seharusnya seperti itu

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete