Pentagon Akui Tak Mampu Jelaskan Ratusan Penampakan UFO

Jakarta - Laporan Pentagon dan badan intelijen Amerika Serikat tentang penampakan UFO yang viral beberapa tahun belakangan akhirnya dirilis. Siapapun yang berharap laporan ini akan menjawab keberadaan alien di Bumi harus kecewa karena Pentagon tidak bisa menjelaskan misteri di balik penampakan ini.

"Jumlah laporan berkualitas tinggi yang terbatas tentang fenomena udara tidak dikenal (unidentified aerial phenomena/UAP) menghambat kemampuan kami untuk mengambil kesimpulan tentang sifat atau maksud UAP," tulis ringkasan laporan tersebut, seperti dikutip dari Space, Sabtu (26/6/2021).

Menariknya, dokumen ini tidak benar-benar mengesampingkan teori bahwa alien merupakan sosok yang bertanggung jawab atas penampakan UFO ini. Tapi itu bukan kesimpulan utama karena kata-kata seperti 'alien' atau 'extraterrestrial' tidak ditemukan dalam laporan tersebut.

Laporan ini diterbitkan setelah munculnya video penampakan UFO yang viral dalam beberapa tahun terakhir. Sebagian besar video ini direkam oleh pilot Angkatan Laut AS yang menampilkan objek misterius yang bisa bergerak lebih cepat dari pesawat tempur.

Pada Desember 2020, Senator AS Marco Rubio meminta Pentagon dan Director of National Intelligence (DNI) untuk menyelidiki penampakan ini. Setelah enam bulan, laporan yang telah ditunggu-tunggu ini akhirnya terbit.

Investigasi yang dilakukan oleh Pentagon dan DNI fokus pada penampakan UFO yang dilaporkan oleh pilot Angkatan Laut AS antara November 2004 dan Maret 2021.

Investigasi ini menyelidiki 144 penampakan yang dicatat oleh sensor milik pemerintah AS. 80 penampakan di antaranya diamati menggunakan beberapa sensor sekaligus, sehingga menyingkirkan teori bahwa penampakan ini hanya dicatat karena kesalahan teknis instrumen.

Sebagian besar UFO yang dilaporkan merupakan objek dengan bentuk fisik. 18 dari penampakan UFO yang dilaporkan bergerak dengan cara yang aneh dan tidak bisa dijelaskan.

"Beberapa UAP tampak diam di atas angin, bergerak melawan angin, bermanuver tiba-tiba, atau bergerak dengan kecepatan tinggi, tanpa alat penggerak yang terlihat," jelas laporan tersebut.

Dari ratusan laporan yang diinvestigasi, laporan ini tidak memiliki penjelasan yang pasti tentang penampakan UFO yang viral. Hanya ada satu kasus yang berhasil terpecahkan, yang rupanya merupakan balon berukuran besar yang mengempis.

Dalam kesimpulannya, laporan ini mengatakan mungkin semua penampakan ini tidak memiliki satu penjelasan atau asal-usul yang sama. Penjelasan UFO saat ini dimasukkan dalam lima kategori yaitu 'airborne clutter', fenomena atmosfer alami, teknologi canggih pemerintah AS atau industri, teknologi canggih asing, atau lainnya.

Laporan ini mengatakan asal-usul penampakan UFO mungkin akan tetap akan misterius tanpa penelitian lebih lanjut dan lebih banyak data. Walau mungkin bukan ulah alien, intelijen AS tetap ingin memecahkan misteri ini karena berkaitan dengan keamanan nasional.

"UAP jelas menimbulkan masalah keselamatan dan dapat menimbulkan masalah bagi keamanan nasional AS. Kekhawatiran akan keselamatan terutama berpusat pada penerbang yang harus berurusan dengan domain udara yang semakin berantakan," kata laporan tersebut.

"UAP juga akan mewakili tantangan keamanan nasional jika mereka adalah platform koleksi dari musuh asing atau menyediakan bukti bahwa musuh potensial telah mengembangkan teknologi terobosan atau mengganggu," pungkasnya.


0 Response to "Pentagon Akui Tak Mampu Jelaskan Ratusan Penampakan UFO"

Post a Comment