CIA dan FBI


CIA (Central Intelligence Agency) merupakan badan yang beroperasi di luar Amerika Serikat yang bertugas untuk mengumpulkan informasi intelijen melalui jaringan mata-mata. Sedangkan FBI (Federal Bureau of Investigation) sendiri adalah badan yang beroperasi di dalam Amerika Serikat berperan untuk mengumpulkan informasi intelijen serta mejaga keamanan dan mengatasi kejahatan federal.
CIA
FBI
Berdiri
18 September 1947
26 Juli 1908
Motto
Kamu akan mengetahui kebenaran dan hal itu akan membebaskan Kamu
Kesetiaan, Keberanian, Integritas
Kepanjangan dari
Central Intelligence Agency
Federal Bureau of Investigation
Markas Besar
Langley, Virginia
Gedung J.Edgar Hoover, Washington, D.C.
Jumlah Agen
Rahasia. Diperkirakan sekitar 20,000
35,104 (Pada 21 Oktober 2014)
Agen Khusus
Direktur: John O. Brennan
Wakil Direktur: Michael J. Morell
Wakil Direktur Asosiasi: Stephanie O'Sullivan
Direktur: James Comey
Wakil Direktur: Mark Giuliano
Website
www.cia.gov
www.fbi.gov
Anggaran Tahunan
Rahasia
$ 8.3 Milyar (Pada Tahun 2014)

Sejarah
Office of Strategic Services (OSS) sebagai pelopor terbentuknya CIA. CIA merupakan badan intelijen yang berdiri pada tahun 1942 selama berlangsungnya Perang Dunia II namun dihapuskan setelah perang kemudian fungsinya dipindahkan ke Departemen Negara dan Perang. Presiden Truman yang menandatangani Undang-Undang Keamanan Nasional pada tahun 1947 dan menjadi dasar berdirinya CIA. Lalu Undang-Undang Keamanan Nasional dibebankan kepada CIA dengan mengkoordinasi dan menghubungkan kegiatan intelijen negara serta melakukan evaluasi dan menyebarkan informasi intelijen yang mempengaruhi keamanan nasional.
FBI merupakan kekuatan agen khusus yang dibentuk di tahun 1908 oleh Jaksa Agung Charles Bonaparte selama masa Presiden Theodore Roosevelt. Badan ini berdiri ketika progresivisme sedang bangkit di Amerika dan memenuhi kebutuhan akan penegakan hukum serta keamanan antar negara. Agen pertama FBI berasal dari Agen Rahasia Amerika Serikat. Ketika didirikan, FBI dipanggil dengan julukan Bureau of Investigation. Pada tahun 1932, nama FBI diubah menjadi Bureau of Investigation Amerika Serikat, kemudian pada tahun 1933 berubah nama Division of Investigation (DOI) dan akhirnya pada tahun 1935 badan ini bernama Federal Bureau of Investigation (FBI). J.Edgar Hoover merupakan presiden pertama FBI dengan masa jabatan selama 48 tahun. Kemudian setelah Undang-Undang disahkan, masa jabatan sebagai presiden FBI hanya boleh dipegang selama 10 tahun saja.

Misi dan Fungsi CIA dan FBI

CIA
CIA memiliki misi utama yaitu untuk mengumpulkan, mengevaluasi dan menyebarkan informasi intelijen asing demi membantu presiden dan membantu para pembuat kebijakan pemerintah Amerika Serikat dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan keamanan nasional. CIA tidak memiliki peran dalam membuat kebijakan, namun yang mereka lakukan adalah memberikan sumber terpercaya mengenai informasi intelijen asing. CIA juga terlibat dalam aksi rahasia dengan presiden sesuai dengan hukum yang berlaku.

CIA merupakan badan intelijen internasional yang bertugas untuk mengumpulkan informasi keamanan nasional yang berkaitan dengan pemerintahan luar negeri, perusahaan dan individu serta menyerahkan informasi tersebut kepada pemerintah Amerika Serikat. Selain itu, CIA juga menyediakan intelijen untuk menginformasikan operasi tempur angkatan bersenjata Amerika Serikat di negara-negara seperti Irak dan Afghanistan. CIA merupakan sebuah badan yang terkenal karena tuduhan rekayasa kudeta di berbagai negara dimana para penguasa (biasanya diktator) tidak ramah terhadap Amerika Serikat bahkan untuk pembunuhan para pemimpin seperti yang terjadi pada Fidel Castro dari Kuba.

FBI
FBI berperan sebagai badan yang menangani intelijen dan ancaman domestik berkoordinasi dengan National Security Organization. FBI memiliki beberapa misi yaitu untuk melindungi dan membela Amerika Serikat terhadap teroris dan ancaman intelijen asing, untuk menjunjung dan menegakkan hukum pidana Amerika Serikat, dan untuk memberikan kepemimpinan dan layanan peradilan pidana federal bagi negara bagian, kota, dan badan-badan internasional dan mitra.

Selain memiliki tugas utama sebagai sebuah badan penegak hukum, FBI juga mengumpulkan informasi dari  intelijen yang berkaitan dengan keamanan yang terjadi di dalam negeri serta menyelidiki kejahatan federal seperti penculikan, penggelapan pajak dan penipuan sekuritas. Pada dasarnya FBI termasuk ke dalam departmen kepolisian nasional. FBI sangat berperan di dalam negeri sedangkan CIA memiliki mata-mata yang bekerja di luar negeri untuk mencegah adanya ancaman keamanan nasional. Segala permasalahan seperti terorisme, perang intelijen, serangan cyber, korupsi, tugas melindungi hak-hak sipil, berurusan dengan pemerasan, penipuan, obat-obat terlarang dan kejahatan berat lainnya juga merupakan tugas dan tanggung jawab di bawah naungan FBI.

Struktur Organisasi CIA dan FBI
CIA memiliki kantor eksekutif dan empat direktorat utama: 

18 Responses to "CIA dan FBI"

  1. Sangat membantu, saya jadi tahu perbedaan, sejarah, misi utama dan fungsi dari CIA dan FBI

    ReplyDelete
  2. ternyata CIA dan FBI berbeda ya,ya meski ada kesamaan yaitu sama² menjaga keamanan negara

    ReplyDelete
  3. Ternyata CIA dan FBI berbeda, meski mereka sama-sama bertugas sebagai intelejen Amerika serikat

    ReplyDelete
  4. Sangat membantu , saya jadi tau perbedaan CIA dan FBI

    ReplyDelete
  5. CIA lebih tertutup dalam menjalankan tugasnya sedangkan FBI terbuka ke masyarakat dalam tugasnya tetapi mempunyai persamaan yaitu menjaga negara

    ReplyDelete
  6. Aji Syekh Jabar Perdana19 April 2020 at 23:15

    Saya sekarang jadi tahu misi dan fungsi dari CIA dan FBI

    ReplyDelete
  7. Bisa tau perbedaan daru CIA dan FBI

    ReplyDelete
  8. Anbiya Nabila Yuda7 June 2020 at 02:10

    Dengan adanya artikel ini, saya jadi mengetahui perbedaan antara CIA dan FBI.

    ReplyDelete
  9. Ternyata CIA dan FBI berbeda meski memiliki tujuan yang sama.

    ReplyDelete
  10. Erika Puji Lestari7 June 2020 at 10:06

    Memang CIA dan FBI berbeda tetapi mereka mempunyai tujuan yang sama yaitu menjaga negara

    ReplyDelete
  11. ternyata CIA dan FBI berbeda meski mempunyai misi dan tujuan yang sama

    ReplyDelete
  12. Meskipun CIA dan FBI memiliki perbedaan tetapi mereka memiliki persamaan

    ReplyDelete
  13. Walaupun CIA dan FBI berbeda tapi tujuan nya sama

    ReplyDelete
  14. Dari artikel ini, saya jadi tau misi dan fungsi dari CIA dan FBI

    ReplyDelete
  15. CIA dan FBI memang berbeda tapi intinya bertujuan yang sama

    ReplyDelete
  16. Artikel yang sangat membantu saya jadi tahu perbedaanya

    ReplyDelete