Mobil Jepang dan Mobil Eropa


Apakah anda penggemar otomotif? Kalau begitu anda pasti tahu kalau pasar mobil dunia dikuasai oleh 2 kerajaan mobil besar. 2 kerajaan tersebut adalah Eropa dan Jepang. Eropa dan Jepang terus memproduksi mobil-mobil jenis baru dengan segala fitur canggih di dalamnya. Mereka juga terus berinovasi dalam hal kecepatan, ketahanan dan desain bodi. Tak heran bila kedua daerah ini menjadi raja pasar mobil di dunia.

Kepopuleran mobil-mobil Jepang dan Eropa tidak terletak pada satu brand tertentu saja. Namun hampir seluruh brand mobil dari kedua negeri inovatif ini merajai pasar mobil di berbagai negara. Bahkan sampai ada beberapa golongan yang cenderung memfavoritkan mobil produksi dari salah satu negara ini. loyalitas brand ini kerap kali ditemukan di antara para pecinta mobil. Ada ciri-ciri tertentu dari mobil produksi Jepang maupun Eropa yang mampu memikat hati pemakainya. Apakah anda sudah mengetahui ciri-ciri yang membedakan mobil produksi kedua kerajaan otomotif ini? mari simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.
MOBIL JEPANG
MOBIL EROPA
Harga
Cenderung lebih terjangkau, harga jual kembali lebih baik
Cenderung tinggi, harga jual kembali lebih jatuh
Konsumsi bahan bakar
Lebih irit
Biasanya CC Kecil
Boros
(biasanya karena CC besar dan badan besar)
Kualitas
Menengah - Tinggi
Relatif Tinggi
Ukuran
Cenderung kecil
Didesain berukuran besar
Contoh Merk Produk
Toyota, Lexus, Honda, Daihatsu, Isuzu, Mazda, Mitshubishi, Subaru, Suzuki, Fuso, Hino dll.
BMW, Mercedes, Volkswagen, Ferrari, Lamborghini, Bentley, Bugatti, Citroen, Fiat, Peugeot, Volvo, Porche dll.

Perbedaan harga
Salah satu yang menjadi bahan pertimbangan utama saat seseorang akan membeli sebuah mobil adalah harga. Hal ini juga yang menjadi perbedaan mendasar bagi mobil Eropa dan Jepang. Mobil-mobil produksi kedua daerah ini memiliki range harga yang berbeda. Produsen mobil Jepang lebih menargetkan pasar menengah ke bawah dengan anggaran terbatas. Sementara produsen mobil Eropa lebih menargetkan konsumen kelas menengah ke atas.

Harga yang dipatok oleh produsen mobil Eropa cenderung tinggi. hal ini membuat konsumen-konsumen mobil Eropa umumnya adalah orang-orang borjuis. Untuk mendapatkan mobil Eropa anda harus merogoh kocek yang lumayan dalam. Namun demikian peminat mobil Eropa cenderung setia. Harga mahal tidak mengurangi niat membeli para pecinta mobil Eropa. Sebaliknya Jepang menghadirkan solusi bagi mereka yang ingin membeli mobil dengan budget terbatas. Harga mobil-mobil Jepang cenderung terjangkau. Harga rendah memungkinkan Jepang merajai pasar mobil menengah ke bawah. Teknik yang demikian menjadikan mobil-mobil Jepang banyak diminati orang di segala penjuru dunia. Namun beberapa mobil jepang juga memangsa pasar atas seperti Lexus.
 
Tingkat penggunaan bahan bakar
Apakah mobil ini tergolong irit? Pertanyaan seperti ini kerap kali orang-orang tanyakan saat akan membeli sebuha mobil. Keiritan pengunaan bahan bakar selalu menjadi pertimbangan wajib saat berurusan dengan produk otomotif. Mobil Eropa dan Jepang memiliki perbedaan jelas dalam hal ini.

Mobil Jepang cenderung membidik pasar kelas menengah ke bawah. Konsumen pasar ini umumnya menjadikan keiritan konsumsi bahan bakar sebagai prioritas pertama saat membeli produk otomotif. Produsen Jepang menyadari hal ini dan menawarkan teknologi yang mereka inginkan pada mobil produksinya. Mobil produksi Jepang cenderung lebih irit daripada mobil-mobil Eropa. Aspek ini menjadi daya tarik tersendiri bagi produk Jepang di pasar otomotif dunia.

Lain halnya dengan Jepang, produsen Eropa tidak mengusung slogan irit bahan bakar. Mobil-mobil Eropa cenderung lebih boros dalam pemakaian bahan bakar daripada mobil Jepang. Bagi pasar menengah ke bawah, hal ini merupakan hal yang negatif dan menjadikan mereka kurang berminat pada mobil Eropa. Namun lain halnya dengan mereka yang tidak mempedulikan konsumsi bahan bakar. Orang –orang kalangan menengah ke atas merupakan konsumen yang cocok untuk mobil ini.
 
Kualitas mesin
Kualitas perfomansi, bodi dan spareparts merupakan salah satu hal terpenting dalam memproduksi suatu mobil. Mobil berkualitas tinggi umumnya datang dengan harga yang tinggi pula. Demikian pula untuk mobil Eropa dan Jepang. Jika sebelumnya anda bertanya-tanya mengapa banyak orang yang masih meminati mobil Eropa di samping harganya yag mahal dan konsumsi bahan bakarnya yang boros? Jawabannya adalah kualitas tinggi yang ditawarkannya.

Mobil Eropa memiliki kualitas yang tinggi dibanding mobil-mobil Jepang. Mobil Eropa memiliki mesin yang kuat dan tahan lama. mesin juga ditata dengan rapi di bawah kap mobil. Cat yang digunakan oleh mobil-mobil Eropa juga merupakan cat mobil standar dengan perawatan rendah. performansi yang dihasilkan di jalanan pun berkualitas tinggi, mengalahkan mobil-mobil Jepang. Bodi mobil produksi Eropa umumnya tebal dan kuat. Bodi tersebut tidak mudah penyok oleh benturan. Mobil Eropa tidak memerlukan perawatan purna jual yang tinggi. mobil Eropa hadir denga paket mewah dan menghadirkan kualitas berkendara yang sempurna. Jika anda mencari mobil kelas atas nan mewah, anda dapat memilih mobil-mobil produksi Eropa.

27 Responses to "Mobil Jepang dan Mobil Eropa"

  1. Saya lebih memilih mobil bikinan jepang

    ReplyDelete
  2. Tampilan mobil Eropa memang bagus,tapi saya lebih suka mobil Jepang karna kualitas di dalam mobil yang begitu bagus

    ReplyDelete
  3. Busa tahu perbedaan mobil jepang dan eropa

    ReplyDelete
  4. Sama sama negara yang maju sampai bisa membuat mobil sebagus ini

    ReplyDelete
  5. Mobil yang sangat keren sekali dan kualitas nya pun bagus bagus

    ReplyDelete
  6. Tenyata Mobil eropa berkualitas tinggi, tapi saya lebih suka mobil jepang dikarenakan harganya yang lebih rendah

    ReplyDelete
  7. kalo dari segi harga mobil jepang lebih terjangkau,namun dari segi kualitas mobil eropa lebih unggul

    ReplyDelete
  8. Mobil Eropa memang kualitasnya lebih bagus daripada mobil Jepang tapi orang-orang di Indonesia lebih cenderung membeli dan memakai mobil buatan Jepang dikarenakan harganya yang cukup terjangkau dan juga bisa mengangkut banyak penumpang

    ReplyDelete
  9. Eropa menghasilkan mobil yang berkualis di banding jepang tetapi kedua negara ini maju

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. mobil jepang cenderung banyak diminati oleh banyak orang harganya yang relatif lebih murah dibandingkan mobil eropa.

    ReplyDelete
  12. Rengga Fajar Dharmansyah24 April 2020 at 07:26

    Darimanapun asal mobil pabrikan yang kita gunakan yang terpenting kita mematuhi peraturan mengendarai mobil

    ReplyDelete
  13. Bisa tau perbedaan mobil jepang dan eropa

    ReplyDelete
  14. Anbiya Nabila Yuda7 June 2020 at 02:06

    Dengan adanya artikel di atas, kita bisa memilih dengan baik dan berpikir dengan bijak dalam memilih antara mobil jepang dan mobil eropa

    ReplyDelete
  15. Dengan adanya artikel di atas kita bisa tahu perbedaan mobil Jepang dan mobil Eropa.

    ReplyDelete
  16. Erika Puji Lestari7 June 2020 at 09:14

    Mobil Jepang memang lebih banyak diminati terutama harganya yang cenderung lebih murah dari pada mobil eropa,tetapi mobil Eropa lebih unggul dari pada mobil Jepang

    ReplyDelete
  17. Memang mobil dari Eropa sangat keren,tapi bukan berarti mobil dari negara lain juga tidak keren hanya saja dari eropalah yang mungkin agak unggul

    ReplyDelete
  18. Dengan adanya artikel di atas kita bisa tau perbandingan mobil eropa dan jepang

    ReplyDelete
  19. Memang mobil eropa keren tetapi pasti harganya juga mahal

    ReplyDelete
  20. Artikel diatas kita bisa mengetahui antara mobil eropa dan jepang

    ReplyDelete
  21. Artikel diatas membuat kita lebih tau perbedaan antara mobil eropa dan jepang

    ReplyDelete
  22. Artikel yang sangat membantu kita memilih mobil mana yang lebih bagus

    ReplyDelete
  23. Teryata mobil juga ada bedanya.

    ReplyDelete
  24. Mobil bagus pasti harganya mahal

    ReplyDelete
  25. Mobil mobil keren jepang dan eropa tapi mobil eropa lebih unggul kerenya

    ReplyDelete