WhatsApp Uji Fitur Berbagi Status ke Facebook dan Instagram Story

Ilustrasi WhatsApp

Jakarta - Pamor WhatsApp Status memang masih kalah jauh dari Instagram Stories. Padahal, fitur tersebut sudah dirilis sejak 2017 lalu.

Kini, WhatsApp ingin menggenjot penggunaan WhatsApp Status. Kabarnya, WhatsApp sedang menyiapkan fitur yang memungkinkan pengguna membagikan status WhatsApp ke Facebook, Instagram Story, dan layanan Google.

Fitur ini sedang diuji coba ke beberapa pengguna versi beta. Opsi membagikan ke Facebook akan muncul di bawah status WhatsApp pengguna. Ketika opsi tersebut diklik, maka status WhatsApp akan langsung dibagikan ke Facebook Story atau Instagram Story.

Selain Facebook, pengguna juga bisa memilih aplikasi lain untuk membagikan status, seperti Gmail, atau Google Photos. Untuk memilih aplikasi lain, pengguna bisa mengklik ikon bagikan yang ada di sisi kanan.

Fitur membagikan Status WhatsApp ke Facebook

Kendati menyambungkan tautan status WhatsApp ke Facebook Story, WhatsApp mengklaim tidak akan mengaitkan akun pengguna di kedua layanan satu payung tersebut, seperti dilansir dari UberGizmo, Jumat (28/6/2019).

Hal ini cukup menjadi pertimbangan bagi beberapa pengguna yang kiritis akan keamana data.
Terlebih, dalam dua tahun belakangan, kemanan data pengguna Facebook menjadi rentan akan peretasan dan penyalahgunaan.

Menurut WhatsApp, fitur ini hanya akan menggunakan data-sharing API di Android dan iOS, layaknya aplikasi lain. Artinya, data akan dibagikan di dalam perangkat antar-aplikasi.

Opsi pembagian (share) juga dilakukan secara manual. Tidak ada opsi untuk membagikan status WhatsApp ke Facebook setiap waktu, setidaknya di awal perilisan fitur ini.

Meski jumlah pengguna belum sebanyak Instagram Stories, pengguna WhatsApp Status disebut terus naik. Saat ini, jumlah pegguna hariannya diklaim mencapai 500 juta.

WhatsApp Status juga akan menjadi tempat pertama Facebook untuk mengaplikasikan iklan di layanan pesan instan terenkripsinya itu. Rencananya, iklan di WhatsApp akan mulai bergulir tahun 2020.

5 Responses to "WhatsApp Uji Fitur Berbagi Status ke Facebook dan Instagram Story"

  1. FAJRI DWI PUTRA14 April 2020 at 16:58

    Whatsapp makin keren

    ReplyDelete
  2. Semoga fitur terbaru ini bisa secepatnya diluncurkan

    ReplyDelete
  3. hadehh makin mempermudah aja nih bagi kaum penggila medsos

    ReplyDelete
  4. Semoga rilis di update selanjutnya

    ReplyDelete
  5. Semoga fitur melaju dengan cepat

    ReplyDelete