Instagram Bakal Hapus Iklan Pelangsing Badan

Foto: Youtube

Jakarta - Instagram mengumumkan aturan baru tentang iklan berbau konten penurun berat badan dan operasi plastik. Konten ini akan disembunyikan untuk pengguna di bawah usia 18 tahun. Selain itu, promosi iklan produk pelangsing instan bakal dihapus.

"Kami ingin Instagram menjadi tempat yang positif bagi semua pengguna. Kebijakan ini merupakan bagian dari pekerjaan kami yang berkelanjutan untuk mengurangi tekanan yang kadang dirasakan pengguna sebagai akibat penggunaan media sosial," ujar Emma Collins Instagram Public Policy Manager seperti dilansir dari BBC.

Collin juga menambahkan, Instagram akan menerima saran dari para ahli terkait dengan kebijakan media sosialnya.

Langkah Instagram ini adalah sebagai bentuk peduli terhadap anak-anak muda untuk lebih mencintai tubuhnya sendiri tanpa harus menggunakan obat-obat kimia atau cara instan untuk terlihat menarik.

Pada Februari lalu Direktur Medis National Health Service England, Stephen Powis, menyerukan adanya larangan iklan media sosial yang didukung selebriti yang mempromosikan produk penurun berat badan. Hal ini dikarenakan produk-produk semacam itu memiliki efek merusak pada kesehatan fisik dan mental anak muda.

Kebijakan Instagram pun didukung oleh sejumlah artis dan para influencer Instagram salah satunya adalah aktor Jameela Jamil yang mengatakan langkah Instagram adalah kemenangan besar dalam memerangi industri obat diet dan detoksifikasi.

Jamil bahkan mengkritik sejumlah influncer termasuk keluarga Kardashian dan penyanyi Cardi B yang seharusnya turut mendukung kampanye tubuh positif dengan tidak mengiklan berbagai produk diet instagram seperti teh detoks, suplemen diet yang memiliki efek pencahar yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Instagram nantinya akan menghapus iklan-iklan promosi diet yang tidak realistis dan pengguna Instagram berusia di bawah 18 tahun tidak akan melihat postingan konten terkait iklan diet dan operasi plastik.

Selain itu, pengguna juga diharapkan turut membantu dengan melaporkan adanya konten atau iklan diet instan yang dianggap melanggar kebijakan aturan Instagram. Nantinya, Instagram akan meninjau untuk memutuskan apakah konten tersebut akan dibatasi atau dihapus.

Kebijakan ini pun ternyata berlaku untuk induk perusahaan dari Instagram yakni Facebook.

15 Responses to "Instagram Bakal Hapus Iklan Pelangsing Badan"

  1. Saya sangat setuju karena iklan itu tidak layak di lihat oleh anak-anak dibawah umur

    ReplyDelete
  2. FAJRI DWI PUTRA14 April 2020 at 15:34

    Setuju karena iklan2 tidak realistis

    ReplyDelete
  3. Saya setuju dengan adanyah penghapusan iklan obat diet atupun pelangsing karena tidak cocok jika ada anak yang belum cukup umur melihat dan ingin mencoba obat itu sangat berbahaya jika mereka tidak mengetahui aturandminum dll

    ReplyDelete
  4. Saya setuju kalau ada penghapusann iklan itu,karena iklat diet itu tidak baik untuk diterapkan.Dan jangan coba" untuk menyobanya.karena terkadang iklah itu tidak realistis

    ReplyDelete
  5. Sangat setuju sekali iklan-iklan semacam itu mengganggu sekali dan juga karena itu banyak sekali penipuan di dalamnya.

    ReplyDelete
  6. Setuju sekali karena adanya iklan tersebut hanya menggangu dan ga berfaedah. Tidak merugikan orang lain sih tapi berbahaya jika anak di bawah umur melihat iklan yang ga berfaedah.

    ReplyDelete
  7. ya kebanyakan iklan² seperti itu penipuan sih,jadi pantes juga di hapus

    ReplyDelete
  8. Apalagi pengguna ig bnyak yg masih di bwah umur jd mungkin tidk sepantasnya tidk di perlihatkan untuk umum

    ReplyDelete
  9. Setuju karna mengganggu dan iklan iklan tersebut itu banyak penipuan

    ReplyDelete
  10. Sangat setuju iklan itu di hapus karena iklan-iklannya mengganggu dan banyaknya kasus penipuan yang terjadi

    ReplyDelete
  11. Sangat setuju, karna bagi saya itu sangat meresahkan

    ReplyDelete
  12. Saya setuju karena iklan seperti itu kadang tidak sesuai dengan yang di iklankan

    ReplyDelete
  13. Aji Syekh Jabar Perdana19 April 2020 at 23:24

    Seharusnya pihak Instagram bertindak lebih cepat dalam penghapusan iklan pelangsing badan

    ReplyDelete
  14. Rengga Fajar Dharmansyah24 April 2020 at 08:31

    Tindakan ini menimbulkan pro dan kontra

    ReplyDelete
  15. Dio Ajie Dwiwardani7 June 2020 at 09:16

    Sebenarnya ada cara alami untuk membuat tubuh lebih baik.. juga kita harus pintar2/ teliti untuk melihat iklan

    ReplyDelete