China Ajukan Pernyataan Tegas: AS dan Jepang Berhenti Campuri Urusan Dalam Negeri Kami

PIKIRAN RAKYAT - Kementerian luar negeri China mengajukan pernyataan tegas kepada Amerika Serikat dan Jepang atas pernyataan dari pejabat senior kedua negara yang menimbulkan kekhawatiran tentang perilaku Beijing di berbagai bidang.

"China sangat mendesak Amerika Serikat dan Jepang untuk berhenti mencampuri urusan dalam negeri China," kata juru bicara kementerian China, Zhao Lijian pada jumpa pers, Rabu, 17 Maret 2021, seperti dikutip dari Reuters.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Pertahanan Llyod Austin mengunjungi Jepang dan memberikan komentar pedas atas tindakan China di kawasan Asia.

Antony Blinken mengatakan China bertindak agresif dan represif di Laut Natuna Utara dan Laut China Timur yang banyak berselisih dengan negara-negara Asia Tenggara dan Jepang.

Dia juga mengatakan Beijing 'meningkatkan ketegangan bukan mengurangi di kawasan itu dengan tindakan maritim dan sikapnya di Taiwan.

Sementara itu, Bos Pentagon, Lloyd Austin mengatakan dia akan melakukan perjalanan ke Asia untuk meningkatkan kerja sama militer dengan sekutu dan mendorong 'pencegahan yang kredibel' terhadap China.

"Tujuan kami adalah untuk memastikan bahwa kami memiliki kemampuan dan rencana operasional untuk dapat menawarkan pencegahan yang kredibel ke China atau siapa pun yang ingin melawan AS," ujar Lloyd Austin, seperti diberitakan Pikiran-rakyat.com sebelumnya.

Tur para kepala diplomasi dan pertahanan Amerika Serikat di Asia ini mengikuti pertemuan puncak "Quad" yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Quad yang terdiri dari AS, Jepang, India, Australia) merupakan aliansi informal yang lahir pada tahun 2000-an untuk mengimbangi kebangkitan China.

Pemerintah AS di bawah Presiden Joe Biden masih mendukung pendekatan yang lebih keras terhadap China. Tindakan kerasa ini sebelumnya telah digencarkan semasa pemerintahan Donald Trump.

0 Response to "China Ajukan Pernyataan Tegas: AS dan Jepang Berhenti Campuri Urusan Dalam Negeri Kami"

Post a Comment