Jenderal Top AS Sebut Perang Ukraina Jadi Malapetaka Bagi Rusia

BERLIN - Ketua Kepala Staf Gabungan Amerika Serikat (AS), Jenderal Mark Milley, mengatakan bahwa Rusia sangat menderita di Ukraina dan mendesak Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mengakhiri perang.

“Korban Rusia – terakhir kali saya melaporkannya secara terbuka, saya mengatakan jumlahnya lebih dari 100.000. Saya akan mengatakan sekarang secara signifikan lebih dari 100.000,” kata Milley pada konferensi pers bersama Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin di Jerman, memberikan sedikit pembaruan pada angka yang ditawarkan jenderal top AS itu pada bulan November.

Milley mengatakan bahwa jumlah korban yang sangat besar yang diderita Rusia termasuk militer reguler, dan juga tentara bayaran Grup Wagner dan pasukan jenis lain yang berperang dengan Rusia.

"Putin bisa mengakhiri perang ini hari ini," kata Milley, "Ini mutlak berubah menjadi bencana bagi Rusia," sambungnya seperti dikutip dari Business Insider, Sabtu (21/1/2023).

Meski begitu, Ukraina juga sangat menderita akibat perang.

“Anda tahu bahwa ada sejumlah besar warga sipil tak berdosa yang terbunuh akibat tindakan Rusia. Rusia menghantam infrastruktur sipil. Ada sejumlah besar kerusakan ekonomi, sejumlah besar kerusakan pada infrastruktur energi, dan militer Ukraina sendiri telah menderita banyak korban," tuturnya.

"Ini adalah perang yang sangat, sangat berdarah, dan ada korban yang signifikan di kedua belah pihak," kata Milley, melanjutkan dengan mengatakan bahwa cepat atau lambat negosiasi damai harus dilakukan untuk menyelesaikan konflik.

Rusia tidak menunjukkan tanda-tanda mengambil langkah-langkah untuk mengakhiri perang, meskipun berulang kali menghadapi kemunduran besar. Ukraina juga telah memperingatkan bahwa Rusia tampaknya bersiap untuk melancarkan serangan lain, karenanya Kiev mendesak Barat untuk menyediakan lebih banyak senjata — terutama tank — yang memungkinkan untuk mereka mendorong aksi ofensifnya sendiri.

Tetapi negara-negara NATO menemui jalan buntu mengenai masalah pengiriman tank tempur utama, khususnya Leopard buatan Jerman, ke Ukraina. Kepala pertahanan Barat gagal mencapai kesepakatan mengenai masalah tersebut saat mereka bertemu di Pangkalan Udara Ramstein di Jerman pada Jumat.

Diskusi sebagian besar berpusat pada apakah Jerman bersedia mengirim tank Leopard 2 ke Ukraina atau paling tidak mengizinkan negara-negara Eropa lainnya yang memiliki tank buatan Jerman itu dalam inventarisnya untuk diberikan kepada Ukraina. Jerman perlu memberikan izinagar tank Leopardbisa diekspor ke negara lain, dan sejauh ini, hal itu belum terjadi.

Sementara itu, pemerintahan Joe Biden menghadapi pertanyaan apakah akan mengirim tank M1 Abrams ke Ukraina. Ada sinyal dari Jerman bahwa mereka tidak akan menyediakan tank Leopard kecuali AS mengirim tank Abrams M1, tetapi Pentagon menolaknya sambil berargumen bahwa tidak masuk akal untuk mengirim Abrams ke Ukraina karena biayanya terlalu tinggi dan pelatihan serta pemeliharaannya terlalu rumit.

Menteri Pertahanan AS Llyod Austin menolak pernyataan bahwa keputusan tentang pengiriman tank Abrams dan Leopard terikat bersama. Namun dalam pembaruan situasi, dia mengatakan dia tidak memiliki pengumuman untuk dibuat mengenai apakah AS mungkin mengubah pendiriannya dan mencatat bahwa Jerman, yang dia sebut sebagai "sekutu yang dapat diandalkan," belum membuat keputusan tentang Leopard.

0 Response to "Jenderal Top AS Sebut Perang Ukraina Jadi Malapetaka Bagi Rusia"

Post a Comment